DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 13:35 WIB

Kisah Dekatnya Habibie dan Anwar Ibrahim

Erwin Dariyanto - detikNews
Kisah Dekatnya Habibie dan Anwar Ibrahim BJ Habibie dan Anwar Ibrahim. Foto: Dok. REUTERS/Darren Whiteside
Jakarta - Jika bukan karena undangan langsung dari Bacharudin Jusuf Habibie, Anwar Ibrahim tak akan meninggalkan Malaysia dalam waktu dekat ini. Maklum, Anwar baru saja keluar dari rumah sakit, dibebaskan dari penjara dan mendapatkan pengampunan dari Yang Dipertuan Agong Malaysia.

Namun lantaran Habibie adalah kawan spesial, Anwar yang mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia itu rela terbang ke Indonesia. Anwar tiba di Jakarta Minggu (20/5/2018) siang. Setelah rehat sebentar di Hotel Grand Melia, Anwar berkunjung ke rumah Habibie yang juga Presiden ke-3 Indonesia itu.



Setelah beramah tamah, Habibie merelakan kediamannya untuk tempat media mewawancarai Anwar. Hampir satu jam lamanya Anwar meladeni wawancara sejumlah media. Hingga menjelang Asar, Habibie masuk ke ruangan interview.

"Tidak boleh duduk tegak terlalu lama," kata Habibie mengingatkan Anwar. Mereka kemudian berjalan beriringan menuju tempat konferensi pers.

Kepada tim Blak-blakan detikcom, Anwar mengisahkan awal persahabatannya dengan Habibie. "Saya kenal Pak Habibie semasa dia menjadi Menristek dan saya baru menteri pendidikan gitu," kata Anwar saat Blak-blakan dengan detikcom yang tayang pada Senin (21/5/2018).

Persahabatan mereka terus terjalin bahkan sampai keluarga. Anwar dan keluarganya kerap menginap di rumah Habibie. Begitu pun sebaliknya. Bahkan saat Anwar sakit dan menjalani operasi di Jerman, keluarga Habibie setia menunggui.



"Saya di Munchen, saya operasi saya sakit, bangun selama operasi lihat setelah keluarga saya, ada Pak Habibie dan Ainun di depan mata," kata Anwar.

Pada Minggu kemarin, Anwar juga dijamu berbuka puasa di kediaman Habibie. Dua politikus senior beda negara itu terlihat sangat akrab.

Ini bukanlah kunjungan pertama Anwar ke Indonesia. Anwar pernah datang ke Indonesia di akhir tahun 2004. Tepatnya setelah dirinya dibebaskan dari penjara pada 2 September 2014. Ketika itu Mahkamah Persekutuan Malaysia membatalkan vonis hukuman penjara atas dakwaan sodomi. Sebelumnya, Anwar telah menyelesaikan hukuman enam tahun penjara untuk kasus korupsi.

Saat itu, tokoh oposisi Malaysia ini datang ke Indonesia selama sepekan. Selain bertemu dengan Habibie, Anwar juga bertemu dengan sahabat lainnya seperti Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, dan Sultan Hamengku Buwana X.

Tak hanya itu, istri Anwar, Wan Azizah Wan Ismail, pun punya kedekatan dengan istri Habibie, Hasri Ainun Habibie. Wan Azizah sempat datang ke Indonesia saat digelarnya pengajian atas wafatnya Ainun.

Pada Selasa (25/5/2010), Wan Ismail datang ke rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan. Wan Azizah yang ikut pengajian mengenakan gamis berwarna oranye muda.

"Ainun dan Azizah hubungannya sangat dekat jadi saya hubungan persahabatan dengan beliau (Habibie) itu cepat," kata Anwar.



Tonton video Blak-blakan Anwar Ibrahim: Mengapa Tidak Dendam?

[Gambas:Video 20detik]


(erd/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed