DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 11:19 WIB

Ramadan, Fraksi PPP Wakafkan 80 Ribu Alquran ke Masjid

Tia Reisha - detikNews
Ramadan, Fraksi PPP Wakafkan 80 Ribu Alquran ke Masjid Foto: PPP
Jakarta - Memasuki bulan suci Ramadan, sebanyak 80 ribu mushaf Alquran telah dibagikan Gerakan Nasional Wakaf Qur'an (GNWQ) ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Ditargetkan ada jutaan Alquran lagi yang akan dibagikan ke masjid dan musala.

"Jumlah ini jauh dari target kami, yakni 10 juta mushaf Alquran," terang Ketua GNWQ, Achmad Baidowi, dalam keterangan tertulis, Senin (21/5/2018).

Achmad atau Awi mengatakan pembagian ini diinisiasi oleh Ketua Pembina GNWQ, M. Romahurmuziy dan sudah dilakukan sejak 5 tahun lalu.

"Awalnya kegiatan ini dilalukan Gus Rommy (Romahurmuziy) secara personal, namun kemudian kami formalkan dalam bentuk yayasan untuk bisa lebih banyak menghimpun wakaf dan pola penyebarannya lebih luas," kata Awi.



Adapun Alquran tersebut disalurkan melalui anggota DPR maupun anggota DPRD fraksi PPP. Wakaf Alquran tersebut juga dikumpulkan dari anggota DPRD serta para dermawan.

Awi menyebut mushaf Alquran yang dibagikan merupakan terbitan dari Yayasan Wakaf Qur'an Indonesia (YWQI). Setiap mushaf uang bersampul dominasi warna hijau tersebut dilengkapi dengan pengantar atau sambutan dari Romahurmuziy.

Anggota Komisi II DPR ini juga menambahkan sejak diformalkan kegiatan ini mengalami perkembangan yang signifikan. Pihaknya menargetkan setiap masjid 10 mushaf, setiap musala 5 mushaf, dan satu muslim satu mushaf. Sejauh ini ada sekitar 150 ribu mushaf Alquran yang disalurkan.



Selain kegiatan wakaf Alquran, YWQI juga bergerak dalam bidang lainnya yang berkaitan dengan seputar Alquran. Salah satunya kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat SLTA dengan hadiah utama umrah. Selain itu, dalam waktu dekat, YWQI akan mengadakan kegiatan Musabaqah Hafidzul Quran (MHQ).
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed