DetikNews
Minggu 20 Mei 2018, 22:59 WIB

28 Tahun Menanti, Patung GWK Segera Jadi

Nandhang Astika - detikNews
28 Tahun Menanti, Patung GWK Segera Jadi Pemasangan mahkota Dewa Wisnu di patung GWK. (Foto: Nandhang Astika)
Badung - Butuh waktu lama untuk membangun patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Badung, Bali. Setelah 28 tahun menanti, patung GWK segera jadi.

Tepat hari ini, Minggu (20/5/2018), mahkota Dewa Wisnu seberat 3,5 ton telah dipasang. Progres pembangunan patung GWK sudah mencapai 70% dan direncanakan rampung bulan Agustus 2018.


Penggagas patung GWK bernama Nyoman Nuarta mengaku bangga dan terharu impiannya segera terwujud. GWK (121 meter) akan menjadi patung tertinggi ke-3 di dunia di bawah Laykyun Setkyar Myanmar (130 meter) dan Spring Temple Buddha Tiongkok (153 meter).

"Kan sudah 28 tahun berjuang hampir selesai, jadi semua terharu. Pak Gubernur juga. Kan Pak Gubernur dulu juga tim dari awal," kata Nyoman.

Penggagas GWK, I Nyoman Nuarta.Penggagas GWK, I Nyoman Nuarta. (Foto: Johanes Randy)

Sebelum mahkota dari mozaik berwarna emas ini dipasang, terlebih dulu dilakukan upacara menurut adat dan tradisi Bali. Dipimpin oleh 4 sulinggih atau orang suci, prosesi ngrastiti dan pecaruan ini dilakukan dengan diikuti oleh ratusan umat Hindu. Termasuk para undangan dan pengelola GWK.

Seperti diketahui, awal pembangunan GWK dimulai sejak tahun 1990. Proyek sempat terhenti tahun 1997 karena krisis moneter.

Proses pembangunan GWK.Proses pembangunan GWK. Foto: Ari Saputra

Kemudian, tepat pada 1 Januari 2000, GWK Expo diusung ke publik dengan potongan patung Wisnu dan Kepala Garuda. Dilengkapi dengan fasilitas ruang galeri, amphitheater, restoran, dan souvenir corner, GWK diharapkan jadi pusat perhatian lain di Pulau Dewata.

Patung GWK nantinya bakal digunakan sebagai lokasi gala dinner delegasi International Monetary Fund (IMF)-World Bank bulan Oktober 2018. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pembangunan patung GWK tanggal 28 Agustus.


"Kita harapkan Presiden Jokowi akan meresmikan pada 28 Agustus mendatang," ujar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan selaku ketua panitia Annual Meeting IMF-Worl Bank 2018 saat meninjau pembangunan patung GWK, Kamis (29/3).
(dkp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed