DetikNews
Minggu 20 Mei 2018, 19:22 WIB

Anwar Ibrahim Puji Masa Reformasi di Pemerintahan Habibie

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Anwar Ibrahim Puji Masa Reformasi di Pemerintahan Habibie Anwar Ibrahim Temui BJ Habibie (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertemu dengan Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dalam pertemuan tertutup itu, Anwar dan Habibie sempat membicarakan reformasi di Indonesia.

Untuk diketahui, hari ini Indonesia memperingati 20 tahun reformasi. Anwar mengaku terkesan dengan reformasi yang terjadi di Indonesia.

"Reformasi itu di Indonesia bergulir dan mengesankan," kata Anwar, di kediaman Habibie, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018).


Anwar mengatakan, ia dekat dengan orang-orang yang terkait dengan reformasi itu, mulai dari Presiden ke-2 Soeharto, terutama Habibie yang saat itu menggantikan Soeharto usai reformasi. Anwar pun memuji sosok Habibie yang disebutnya pemberani dalam masa reformasi di Indonesia.

"Hanya sosok seseorang yang pemberani yang mampu dalam masa yang sesingkat itu melakukan pembaharuan sebanyak itu. Sama ada badan kehakiman, media, tahanan politik, ekonomi, desentralisasi semua itu dilakukan oleh beliau (Habibie)," ujarnya.

Pembaharuan yang dilakukan Habibie, kata Anwar, sepengetahuannya selama ini terus diperbaiki. Anwar mengatakan, ada dua hal yang harus diperbaiki dalam menjalankan reformasi.


"Pertama korupsi yang dikatakan dibudidayakan itu mesti diberantas, tanpa pilih kasih. Bukan penguasa menentukan, badan bebas penentu," ungkap Anwar.

Kedua, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi. Menurutnya, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi menjadi salah satu yang harus diperbaiki dalam menjalankan reformasi di suatu negara.

"Kemiskinan kesenjangan pembangunan ekonomi yang dipacu dengan begitu menakjubkan pertumbuhannya investasinya itu bagi saya bermakna," tutur Anwar.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed