DetikNews
Minggu 20 Mei 2018, 14:25 WIB

Warga Yakin Ular Piton Raksasa Sering Santap Kambing Mereka

Raja Adil Siregar - detikNews
Warga Yakin Ular Piton Raksasa Sering Santap Kambing Mereka Foto: Ular piton raksasa sepanjang 8 meter bikin geger warga Sumsel (Screenshot video Husni Awal)
Palembang - Seekor ular piton berukuran 8 meter berhasil ditangkap warga di Desa Sungai Limpah, Panungkal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Hewan melata itu disebut sudah membuat resah warga sejak beberapa hari terakhir.

"Warga di sini sebenarnya sudah resah karena ternak ayam dan anak kambing hilang sejak beberapa hari terakhir. Tapi kami tidak tahu penyebabnya sebelum ular piton ini ditangkap," kata Sartono, salah satu warga yang ikut menangkap ular itu saat dihubungi detikcom, Minggu (20/5/2018).


Setelah ular itu berhasil ditangkap, Warga meyakini jika ular piton itu yang menjadi penyebab ternak mereka hilang secara misterius.

"Kami yakin ular inilah yang memangsa ternak disini. Dengan ukuran yang cukup besar saya rasa tidak hanya ayam dan anak kambing saja, induknya juga pasti bisa dimangsa, kalau dibiarkan dia tetap berkeliaran," imbuhnya.

Sartono menyebut sudah ada puluhan ternak warga yang hilang sejak 2 pekan terakhir. Ternak paling banyak hilang yakni ayam dan kambing karena kerap bermain di kebun pada siang hari.


Ular yang ditangkap dalam kondisi hidup itu kini diikat di rumah kepala dusun dan menjadi tontonan warga. Warga telah sepakat agar ular tersebut diselamatkan oleh pihak terkait atau BKSDA agar tidak meresahkan warga sekitar.

"Kami sudah sepakat kemarin agar ular diserahkan ke pemerintah. Tapi jangan dilepas disekitar sini, bahaya nanti kalau ada ternak yang dimakan lagi dan warga mau ke kebun jadi takut," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, ular piton yang memiliki panjang sekitar 8 meter ini ditangkap pada Kamis (17/5). Butuh 4 orang untuk bisa menangkap hewan melata yang diduga kerap memangsa ternak warga sekitar.



Tonton juga video warga Sumsel tangkap ular piton raksasa hanya di 20Detik:

(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed