DetikNews
Minggu 20 Mei 2018, 08:20 WIB

Pemotor 'Kesurupan' saat Ditilang, Korlantas: Kalau Salah, Ngaku!

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Pemotor Kesurupan saat Ditilang, Korlantas: Kalau Salah, Ngaku! Pemotor Ini Malah 'Kesurupan' saat Ditilang Polisi, Kok Bisa? (Foto: Instagram).
Jakarta - Seorang pemotor di Bengkulu pura-pura kesurupan saat ditilang polisi. Menurut Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pujiono Dulrahman seharusnya pelanggar ini mengakui saja kesalahannya.

"Harusnya kalau salah akuin kesalahannya, bila alasan tersebut bisa diterima oleh akal," ujar Pujiono saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/5/2018) malam.

[Gambas:Video 20detik]


Dia juga menyatakan pernah menemui kasus serupa. Namun, dia tidak menampik ada pula pelanggar yang malah melanggar aturan dan 'bertingkah'. Yang penting, menurutnya, bagaimana cara petugas menghadapinya.

"Tapi ada sebaliknya, sudah salah melanggar malah argumennya dan melawan petugas dengan kata tidak sopan, akhirnya juga ditilang. Apalagi pura-pura pingsan, menangis itu biasa jadi petugas juga nggak aneh menghadapi seperti itu, yang penting petugas harus tetap sopan terhadap siapa saja," kata Pujiono.

Baca juga: Ini Cerita di Balik Pemotor 'Kesurupan' Saat Ditilang Polisi

Untuk pengendara juga disebutnya tidak perlu takut kepada polisi lalu lintas jika memang memiliki kelengkapan surat kendaraan serta SIM. Pujiono menilai tindakan berpura-pura atau berkelit dari kesalahan sebagai tindakan yang tak patut.

"Tapi kadang kala pengendara ketakutan dengan segala cara untuk mengelabui petugas atau menakut-nakuti petugas bahwa punya kenalan ini-itu dan sebagainya. Itu menunjukkan jiwanya kerdil tidak sportif," pungkasnya.

Sementara itu Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyebut agar pelanggar lalin konsekuen saja dengan perbuatannya. Polisi bisa saja memberikan diskresi atas pertimbangan kelalaian, namun pelanggar juga harus sadar untuk meminta maaf.

"Jadi mendingan konsekuen gitu aja. Kalau kesurupan kayak gitu kan malah jadi lucu. Kalau imbauan saya gitu aja. Maksudnya ya konsekuen aja kalau memang itu salah, ya diakui saja kesalahannya, minta maaf sama petugasnya," tutur Yusuf, dihubungi secara terpisah.

Baca juga: Heboh Pemotor Ditilang lalu Akting Kesurupan

Sebelumnya, aksi unik pemotor tersebut terungkap dari video yang beredar lewat akun Instagram Ditlantas Polda Bengkulu, Sabtu (19/5). Pemotor tersebut duduk di atas motor berwarna putih. Dia menundukkan kepalanya sambil mengucapkan kata-kata yang tidak cukup jelas.

Pemotor tersebut mulanya diberhentikan oleh polisi lalu lintas di Simpang Sidomulyo, Bengkulu karena motornya tidak menggunakan spion. Kemudian polisi menanyakan kelengkapan dokumen pemotor tersebut.

Baca juga: Pemotor Ini Malah 'Kesurupan' saat Ditilang Polisi, Kok Bisa?

Namun, beberapa kali pemotor tersebut terlihat berteriak kepada polisi, layaknya orang yang sedang kesurupan. "Bersumpah demi langit dan bumi," teriak pemotor tersebut.

"Kenapa kau nangis? Kok malah kesurupan? Kau puasa?" tanya polisi di dalam video.

Rupanya apa yang dilakukan oleh pemotor tersebut bukanlah kesurupan sungguhan. Dia hanya berpura-pura agar polisi tak jadi menilangnya.
(nif/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed