DetikNews
Sabtu 19 Mei 2018, 04:51 WIB

Misteri Pelempar Benda Mirip Bom di Tol Sidoarjo

Suparno - detikNews
Misteri Pelempar Benda Mirip Bom di Tol Sidoarjo Bom di Tol Sidoarjo (Foto: Suparno)
Surabaya - Temuan benda mirip bom di dekat pintu masuk tol Sidoarjo, tepatnya gate 7 membuat geger. Pelempar benda asing itu kini diburu polisi.

"Kita akan selidiki orang yang membuang benda itu dari mobil," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji kepada wartawan di gate pintu keluar Tol Sidoarjo, Jumat (18/5/2018).

Benda diduga bom itu ditemukan pukul 11.15 WIB. Salah seorang petugas layanan kartu mendapatkan informasi dari pengguna jalan bahwa benda itu dilempar oleh pengendara mobil warna putih. Petunjuk inilah yang jadi bekal polisi memburu pelaku.

"Petugas gate ditegur oleh pengguna jalan, jika mobil di depannya membuang sesuatu. Setelah itu dilaporkan ke saya," kata security, Munir Sundoro (30) kepada detikcom di lokasi, Jumat (18/5).


Munir menjelaskan, informasi yang didapat mobil yang membuang benda mirip bom itu warna putih dan berplat L. "Kata saksi, mobil itu warna putih dan plat L," jelasnya.

Tim gegana Polda Jatim pun bergerak menjinakkan benda tersebut. Polisi pun memastikan bahwa benda mencurigakan itu bukan bom dan tidak mengandung bahan peledak.

"Rangkaian benda itu bukan bom, tidak ada unsur bom," tegas Kapolresta Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji kepada wartawan di gate pintu keluar Jalan Tol Sidoarjo.


Himawan menambahkan rangkaian benda itu terdiri atas 2 baterai kecil serta 3 gulungan kertas mirip pipa yang dililitkan kabel hitam. "Setelah rangkaian itu tercerai berai, dikumpulkan, dan dievakuasi, selanjutnya dibawa ke mapolresta," tambahnya.

Penemuan benda mencurigakan itu membuat tol Sidoarjo-Surabaya ditutup selama 2,5 jam. Setelah dinyatakan polisi aman, Jasa Marga pun kembali membuka jalan tersebut.


(ams/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed