PBNU Pantau Penceramah yang Terindikasi Sebarkan Paham Radikal

PBNU Pantau Penceramah yang Terindikasi Sebarkan Paham Radikal

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Jumat, 18 Mei 2018 22:54 WIB
Ketua PBNU Muhammad Imam Aziz (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Ketua PBNU Muhammad Imam Aziz (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Ketua Nahdlatul Ulama Muhammad Imam Aziz mengatakan PBNU memantau para penceramah yang terindikasi menyebarkan paham radikal. Jika dibutuhkan, PBNU siap mengirimkan dai atau penceramah terbaik untuk mengisi ceramah di berbagai lokasi.

"Kalau pantauan (pemantauan ustaz yang ceramah bertema radikal) ada, tapi kita tidak bisa menindak," kata Aziz kepada wartawan di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Kav C-22, Jakarta, Jumat (18/5/2018).


Aziz mengatakan PBNU hanya bisa mengimbau masyarakat agar mencari penceramah yang baik, yang tidak menyebarkan pemikiran radikalisme. Dia mengatakan PBNU ikut memantau para penceramah yang berpaham radikal melalui salah satu lembaganya.

PBNU juga memiliki daftar penceramah yang bisa diminta mengisi ceramah di mana pun. Dia memastikan dai atau penceramah NU tidak mengajarkan paham-paham radikalisme dalam ceramahnya.


"Jadi kita pantau. Ada namanya Lembaga Dakwah NU itu punya daftar penceramah atau dai yang siap juga untuk diterjunkan untuk ceramah-ceramah di mana pun. Jadi ada daftarnya di PBNU. Jika kesulitan mencari penceramah atau dai yang moderat, datang saja ke PBNU, namanya Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU)," terangnya. (ams/ams)