detikNews
Jumat 18 Mei 2018, 04:22 WIB

160 Usaha Hiburan Malam di Makassar Tutup Selama Ramadan

Ibnu Munsir - detikNews
160 Usaha Hiburan Malam di Makassar Tutup Selama Ramadan Ilustrasi Tempat Hiburan Malam. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Memasuki bulan suci Ramadan, 160 Tempat Hiburan Malam (THM) di Makassar mulai tutup. Usaha hiburan yang ditutup meliputi pub, kelab, tempat karaoke, spa, dan panti pijat, serta rumah makan.

"Sesuai surat edaran Wali Kota Makassar, tentang penutupan Tempat Hiburan Malam (THM) wajibkan tutup mulai 15 Mei hingga 20 Juni 2018," kata Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Makassar, Andi Karunrung, di Makassar, Jumat (18/5/2018).

Imbauan juga diberikan ke semua tempat usaha rumah makan ataupun warung kopi agar tidak vulgar membuka tempat usahanya di siang hari.

"Surat edaran sudah kami sebarkan ke semua THM untuk menutup sementara waktu selama bulan suci ramadhan. Termasuk tempat hiburan di dalam hotel kami berikan surat edaran dan melarang beroperasi. Kalau tempat makan dan warkop kami imbau untuk tidak membuka secara terang-terangan dan vulgar," jelasnya.

Dinas Pariwisata Kota Makassar tahun ini kembali mengharapkan penutupan tersebut mengingat pelaksanaan bulan suci Ramadan di tahun 2017 tidak menemukan adanya THM beroperasi selama batas waktu yang ditentukan. Hal itu dikarenakan pemilik tempat makan ataupun warkop sudah sadar tidak membuka tempat usahanya secara terbuka atau vulgar. Sehingga dapat dipastikan tahun ini kesadaran para pemilik usaha bidang apapun lebih tinggi menghormati masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Meski demikian tetap kami bersama Satpol PP Makassar melakukan pengawasan biar tidak kecolongan. Kalau ada didapat pasti kita tindak. Untuk tempat makan dan kafe atau warkop, tidak boleh juga dilarang, karena masih ada masyarakat yang mau makan di siang hari. Asalkan tidak vulgar. Ada yang vulgar bukanya di siang hari, kami turun tegur mereka," tandasnya.
(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com