DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 17:59 WIB

Mendikbud Masih Matangkan Wacana Libur Sekolah Saat Asian Games

Marlinda Oktavia - detikNews
Mendikbud Masih Matangkan Wacana Libur Sekolah Saat Asian Games Mendikbud Muhadjir Effendy (Rizki Ati Hulwa/detikcom)
Jakarta - Pemerintah masih terus mengkaji wacana libur sekolah saat Asian Games 2018 berlangsung. Wacana itu hingga kini masih terus dimatangkan bersama kepala daerah, khususnya Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, sebagai lokasi penyelenggaraan event internasional itu.

"Itu masih dimatangkan dengan masing-masing kepala daerah, gubernur atau wagub," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di kantor PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (17/5/2018).


Prinsipnya, kata Muhadjir, siswa akan tetap belajar selama Asian Games berlangsung. Namun kebijakan libur sekolah yang kemungkinan akan diterapkan masih belum diputuskan.

"Prinsipnya, anak-anak tetap belajar, tapi apakah nanti masuk sekolah atau tidak, kemudian berapa lama dia tidak berada di sekolah, kemudian siapa saja atau sekolah-sekolah mana saja yang terkena peraturan itu atau ketentuan itu, itu masih dimatangkan," ungkapnya.

Sebelumnya, wacana libur sekolah selama Asian Games menyeruak. Wacana itu pertama kali dibicarakan saat rapat koordinasi antara Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan panitia Asian Games 2018 di Balai Kota.


Hal itu kemudian disusul pernyataan Muhadjir Effendy, yang mengatakan akan membuat aturan mengenai libur sekolah saat Asian Games 2018 berlangsung. Ia mengatakan setiap sekolah akan diperintahkan membuat program bimbingan belajar khusus untuk siswa agar tidak terjadi masalah pada kurikulum yang sudah ditetapkan.

"Sebetulnya prinsipnya tidak ada libur karena kalau harus libur, itu risikonya terhadap kurikulum besar. Kalau anak-anak nggak masuk sekolah mungkin. Jadi bisa saja dia nggak masuk sekolah tapi nanti ada seperti homeschooling dan program-program lainnya," ujar Muhadjir kepada wartawan di kantornya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (2/5).


(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed