DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 17:51 WIB

Top 5 News

Somad Ceramah soal Bom Bunuh Diri, Samadikun Kembalikan Duit Korupsi

Muhammad Idris - detikNews
Somad Ceramah soal Bom Bunuh Diri, Samadikun Kembalikan Duit Korupsi Top 5 News Edisi Kamis (17/5/2018)
Jakarta - Abdul Somad tengah jadi perbincangan. Potongan videonya jadi viral pascaserangan bom bunuh diri di Surabaya. Ustaz asal Sumatera Utara ini pun memberikan klarifikasi. Dia menyebut kalau pemotongan video ceramahnya itu membuat isinya tidak sesuai konteks.

Sementara itu, koruptor Samadikun Hartono mengembalikan uang tunai senilai Rp 87 miliar ke kas negara. Uang tersebut merupakan pengganti dari duit yang diselewengkannya dalam kasus BLBI.

Berikut Top 5 News edisi Kamis (17/5/2018).

[Gambas:Video 20detik]


1. Abdul Somad Klarifikasi Video Ceramah tentang Bom Bunuh Diri

Ceramah Abdul Somad dipersoalkan. Dalam potongan video berdurasi kurang dari dua menit itu, dia menjelaskan mengenai bom bunuh diri di Palestina yang disebutnya bukan perilaku bunuh diri, melainkan mati syahid.

Somad kemudian memberikan klarifikasi di sela-sela ceramahnya. Dalam penjelasannya, kondisi Palestina berbeda dengan bom bunuh diri yang dilakukan terorisme, sehingga konteksnya berbeda.

Artikel selengkapnya: Ceramah Abdul Somad Soal Bom Bunuh Diri

2. Penampakan Tumpukan Uang Samadikun Senilai Rp 87 M

Terpidana kasus BLBI Samadikun mengembalikan sisa uang yang dikorupsinya sebesar Rp 87 miliar. Dari total dana talangan BLBI yang diselewengkannya sebesar Rp 169 miliar, dia baru mengembalikan Rp 81 miliar.

Yang menarik, uang penggantinya tersebut dibayarkan dalam bentuk cash. Jika uangnya berbentuk pecahan Rp 50 ribu, uang kertas tersebut bisa dijejer sepanjang 130,5 km atau setara jarak Monas-Tasikmalaya.

Artikel selengkapnya: Duit Jumbo Koruptor Samadikun

3. Ini Makna Senbatsu 'Uza' JKT48 yang Bikin Admin @Jokowi Dipecat

Admin akun resmi Twitter Presiden Joko Widodo (@jokowi) dibebastugaskan. Ini merupakan buntut cuitan tentang kelompok musik perempuan JKT48.

"Wuooohh mantab! Jadi teringat deg2annya di momen Senbatsu Uza pekan lalu," demikian cuitan di akun @jokowi tersebut. Tweet tersebut di-posting di akun @jokowi pada pukul 15.24 WIB, Rabu (16/5/2018).

Artikel selengkapnya: Heboh Cuitan Akun Jokowi Soal JKT48

4. JAD, Penebar Teror di Indonesia

Anggota jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) tengah intens diuber-uber polisi. Kelompok yang berafiliasi dengan ISIS itu disebut-sebut jadi dalang serangkaian serangan teroris dalam beberapa hari terakhir.

Ketua JAD Jatim Syamsul Arifin alias Abu Umar diamankan bersama istrinya, Mega Wahyu Wijayanti, di rumah kontrakannya di Perum Banjararum, Singosari, Kabupaten Malang. Densus 88 Antiteror terus melakukan perburuan sel-sel teroris tersebut di beberapa daerah.

Artikel selengkapnya: Perburuan Jaringan Teroris JAD

5. Macan Tutul Ngumpet di Rumah Warga

Warga Kampung Perbawati, Kabupaten Sukabumi, digegerkan oleh seekor macan tutul yang bersembunyi di kolong rumah warga. Satwa dilindungi itu ngumpet setelah memangsa ayam peliharaan milik warga bernama Hendi.

Setelah 14 jam berdiam di bawah rumah, sang macan akhirnya ditembak dengan tembakan bius untuk diamankan petugas. Macan tutul itu diperkirakan berusia muda.

Artikel selengkapnya: Macan Tutul Gegerkan Warga di Sukabumi
(idr/ega)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed