DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 16:54 WIB

JK Bertolak ke Turki Hadiri KTT OKI soal Kedubes AS di Yerusalem

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK Bertolak ke Turki Hadiri KTT OKI soal Kedubes AS di Yerusalem Wapres Jusuf Kalla. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla malam ini akan bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). KTT ini menyikapi pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"KTT ini digelar untuk menyikapi perkembangan terakhir di Palestina menyusul pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem tanggal 14 Mei 2018 dan bentrok yang terjadi di perbatasan Gaza dan Israel yang sebabkan meninggalnya rakyat sipil," ujar jubir Wapres RI Husain Abdullah dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (17/5/2018).


JK beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan pesawat khusus kepresidenan BBJ-2, malam nanti. Rencananya, sebelum tiba di Istanbul, Wapres dan rombongan transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Abu Dhabi, UEA.

Seusai pengisian bahan bakar kurang-lebih 2 jam, Wapres dan rombongan melanjutkan penerbangan ke Istanbul dengan waktu tempuh 4 jam 15 menit. Rombongan JK diperkirakan tiba pada Jumat pagi waktu setempat.


KTT OKI, yang akan dihadiri JK di Istanbul, akan diselenggarakan pada Jumat (18/5), dari pukul 18.30 hingga 24.00 waktu setempat.

Sebelum KTT OKI digelar, telah dilakukan serangkaian pertemuan pada tingkat Senior Officials Meeting (SOM) dan tingkat menteri luar negeri.

Keesokan harinya, Wapres serta rombongan kembali ke Tanah Air dan diperkirakan tiba di Jakarta pada Minggu (20/5) pagi.
(nvl/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed