DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 16:05 WIB

Kapal Pupuk Tenggelam di Makassar, 11 ABK Diselamatkan Kapal China

Reinhard Soplantila - detikNews
Kapal Pupuk Tenggelam di Makassar, 11 ABK Diselamatkan Kapal China Ilustrasi (dok.detikcom)
Makassar - Sebelas orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Nurul Yakin, tujuan Parepare, Sulawesi Selatan, yang tenggelam di perairan Mamuju, Sulawesi Barat, akhirnya dapat dievakusi menuju pelabuhan Paotere Makassar. Mereka sempat terombang ambing di tengah lautan selama kurang lebih 30 menit.

"Informasinya saat kapal mereka tenggelam, sebelas orang ABK bersama nakhodanya sempat terombang-ambing di lautan selama 30 menit," ujar Kepala Seksi Operasi Basarnas Sulsel, Basri, pada Kamis (17/5/2018).

Kepala Seksi Operasi Basarnas Sulsel, Basri menjelaskan, beruntung nyawa para ABK itu dapat diselamatkan oleh kapal China yang hendak menuju Australia, MV China Steel Growt, yang tengah melintas di perairan Makassar, pada Rabu (16/5) Sore.

Setelah mendapatkan informasi dari kapal China tersebut, Tim Basarnas pun langsung melakukan penjemputan terhadap para korban.

"Dievakuasi tadi dalam keadaan sehat pada pukul 06.15 Wita, kami janjian bertemu dengan kapal China itu di sekitar 32 NM (Nautical Mile) dari Pelabuhan Paotere Makassar ke arah Barat Laut," katanya.

Diketahui, Kapal Nurul Yakin berlayar dari Kota Bontang Kalimantan Timur, dengan rute menuju Kota Parepare Sulsel, dengan mengangkut seberat 820 Ton pupuk. Sementara penyebab kapal tersebut karam, diduga akibat hantaman ombak besar.

"Kapal ini full mengangkut 820 ton pupuk. Kapalnya dihantam ombak besar dari arah depan, hingga diduga air masuk ke dalam palka kapal hingga menyebabkan kapal tenggelam," kata Basri.

Selanjutnya, sebelas orang ABK beserta Nahkoda KM Nurul Yakin ini, langsung diperiksa kesehatannya dan dilakukan pengambilan data di Pelabuhan Paotere Makassar, sebelum dipulangkan ke rumahnya masing-masing di Kabupaten Barru, Sulsel.

Berikut nama Kesebelas ABK KM Nurul Yakin :

1.Solihin 55 tahun
2.Arif 32 tahun
3.Usman 50 tahun
4.Muhammad Ridwan 27 tahun
5.Fimansyah 27 tahun
6.Aris Nur 66 tahun
7.Samsul Bahri 35 tahun
8.Erwin 24 tahun
9.Carlos 39 tahun
10.Agus 34 tahun
11.Mappadeceng 40 tahun.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed