DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 12:59 WIB

Viral #SBYJelaskan, Hanura: Jokowi Ungkap Fakta, SBY Jangan Baper

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Viral #SBYJelaskan, Hanura: Jokowi Ungkap Fakta, SBY Jangan Baper Foto: Anung/SBY Centre
Jakarta - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bereaksi melalui cuitan di Twitter atas pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai mengkritik kebijakan subsidi BBM di era pemerintahannya. Menanggapi hal itu, Hanura menyebut SBY sebaiknya tidak baper dengan kritikan Jokowi.

"Yang disampaikan Pak Jokowi memang fakta dan bukan hoax, dan nggak ada menyalahkan Pak SBY. Itu kan bukan kritikan tapi fakta yang harus diperbaiki. Jangan baper deh," kata Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir kepada detikcom, Kamis (17/5/2018).

Saat ditanya apakah panas-dingin yang terjadi antara SBY dengan Jokowi berpengaruh pada peta politik 2019, Inas mempertanyakan apakah reaksi SBY tersebut mampu memunculkan poros ketiga. "Kita lihat saja apakah hal tersebut lalu memunculkan poros ketiga? Hanya Pak SBY dan Tuhan yang tahu," ujarnya.

Lebih lanjut Inas menuturkan, apa yang dilakukan oleh Jokowi untuk perubahan yang lebih baik tentu akan berdampak pada 2019. "Kalau Pak Jokowi melakukan perubahan ke arah yang lebih baik tentunya positif buat 2019," tutup Inas.

Sebelumnya, dalam 'Workshop Nasional Anggota DPRD PPP' di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (15/5), Jokowi berbicara soal BBM 1 harga. Jokowi menyinggung harga BBM di wilayah Indonesia timur 3,5 tahun lalu.

Saat itu Jokowi mengaku memerintahkan menteri terkait agar harga BBM disamakan dengan daerah-daerah lain. Singkat cerita, itu berhasil.

"Dulu subsidi Rp 340 triliun, kenapa harga nggak bisa sama? Ada apa? Kenapa nggak ditanyakan? Sekarang subsidi sudah nggak ada untuk di BBM, tapi harga bisa disamakan dengan di sini. Ini yang harus ditanyakan. Tanyanya ke saya, saya jawab nanti. Ini yang harus juga disampaikan ke masyarakat," sambung Jokowi.

Lalu SBY bereaksi. Ada lima tweet SBY yang diunggahnya malam ini, Selasa (15/5/2018). SBY menyinggung soal BBM.

"Pak Jokowi intinya mengkritik & menyalahkan kebijakan subsidi utk rakyat & kebijakan harga BBM, yg berlaku di era pemerintahan saya. *SBY*," cuit SBY lewat Twitter @SBYudhoyono.

"Tentu saya bisa jelaskan. Tapi tak perlu & tak baik di mata rakyat. Apalagi saat ini kita tengah menghadapi masalah keamanan, politik, & ekonomi. *SBY*," sambungnya.


(yas/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed