DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 21:32 WIB

Polisi Bantah Waspadai Wanita Bercadar Terkait Teroris

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Polisi Bantah Waspadai Wanita Bercadar Terkait Teroris Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Sukma Kumara (Foto: dok. detikcom)
Bekasi - Kapolrestro Bekasi Kombes Candra Kumara membantah telah memerintahkan jajarannya mewaspadai orang bercadar terkait terorisme. Candra menegaskan kewaspadaan perlu dilakukan dengan tanpa melihat penampilan seseorang.

"Saya hanya katakan bahwa kita harus mewaspadai semua orang atau hal yang memang mencurigakan," kata Candra kepada detikcom, Rabu (16/5/2017).

Candra mengatakan kewaspadaan perlu dilakukan tidak hanya dengan melihat penampilan seseorang (misalnya bercadar). "Semua harus kita waspadai, bukan hanya orang bercadar. Artinya, jangan mendiskreditkan seseorang dari hanya penampilannya, semua perlu diwaspadai," tegasnya.

Ada beberapa parameter yang perlu diukur dalam menetapkan seseorang patut dicurigai atau tidak. "Misalnya orang yang tertutup, tidak berinteraksi dengan lingkungan masyarakat, tidak bersosialisasi dengan tetangga sekitarnya. Nah, yang begini perlu dilaporkan ke ketua RT," katanya.

Di sisi lain, aparatur desa diminta mendatakan dengan jelas penduduk asli maupun pendatang. "RT/RW harus mendata penduduknya, yang mana warga asli, yang mana yang ngontrak, ngekos, sehingga tahu itu masyarakatnya atau bukan," tuturnya.

Meski demikian, polisi boleh sepatutnya memiliki kecurigaan yang tinggi agar tidak terjadi hal-hal yang mencurigakan. Apalagi pelaku teror saat ini bukan hanya laki-laki, tetapi juga perempuan, bahkan membawa anak kecil, untuk menghindari kecurigaan petugas.

"Sehingga semua patut dicurigai," tuturnya.
(mea/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed