DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 18:27 WIB

Viral #SBYJelaskan, Tentang SBY yang 'Tetap Sabar' Diungkit Jokowi

Danu Damarjati - detikNews
Viral #SBYJelaskan, Tentang SBY yang Tetap Sabar Diungkit Jokowi SBY dan Jokowi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Presiden RI ke-6 SBY bereaksi atas kritik Presiden Jokowi soal mahalnya harga BBM di wilayah Indonesia timur pada 3,5 tahun lalu. Namun, karena ada hal yang belum dijelaskan SBY, #SBYJelaskan jadi viral.

Dalam acara Workshop Nasional Anggota DPRD PPP di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (15/5) kemarin, Jokowi berbicara tentang BBM satu harga di Papua. Ia membandingkan dengan harga BBM yang sangat tinggi 3,5 tahun lalu di daerah timur Indonesia itu.

SBY, yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, merespons hal itu lewat cuitan Twitter. Tweet SBY itu jelas ditujukan kepada Presiden Jokowi.

Ada lima tweet SBY yang diunggah Selasa (15/5/2018). Lewat tweet itu, SBY seolah ingin menjawab dan memberikan penjelasan atas pernyataan Jokowi. Berikut tweet SBY:

Pak Jokowi intinya mengkritik & menyalahkan kebijakan subsidi utk rakyat & kebijakan harga BBM, yg berlaku di era pemerintahan saya. *SBY*

Saya mengikuti percakapan publik, termasuk di media sosial, menyusul pernyataan Presiden Jokowi yg salahkan kebijakan SBY 5 th lalu. Pak Jokowi intinya mengkritik & menyalahkan kebijakan subsidi utk rakyat & kebijakan harga BBM, yg berlaku di era pemerintahan saya. *SBY*



Saya minta para mantan menteri & pejabat pemerintah di era SBY, para kader Demokrat & konstituen saya, TETAP SABAR. *SBY*," kata SBY di tiga cuitan pertamanya.

Justru kita harus bersatu padu. Juga makin rukun. Jangan malah cekcok & beri contoh yg tak baik kepada rakyat. Malu kita. *SBY*.

Tentu saya bisa jelaskan. Tapi tak perlu & tak baik di mata rakyat. Apalagi saat ini kita tengah menghadapi masalah keamanan, politik, & ekonomi. *SBY*

Nah, tweet yang terakhir inilah yang kemudian jadi viral. Tweet itu viral karena SBY, yang merasa dikritik, kemudian merespons lewat Twitter. Namun SBY memilih menekankan kata 'tetap sabar' dan tak menjelaskan secara detail argumennya. Alhasil, banyak yang meng-caption tweet SBY kemudian disandingkan dengan sejumlah pertanyaan, mulai yang serius sampai yang santai.




Inilah video mengenai #SBYJelaskan:

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed