DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 11:18 WIB

BPIP Gelar Silahturahmi Peringati Hari Lahir Pancasila

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
BPIP Gelar Silahturahmi Peringati Hari Lahir Pancasila Silaturahmi BPIP di Masjid Istiqlal (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar acara silahturahmi memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni mendatang. Silaturahmi juga digelar menjelang Ramadan.

"Tahun ini tibanya Ramadan bertaut dengan peristiwa penting di Indonesia. Kita akan bertemu hari lahir Pancasila, pada bulan suci Ramadan kita juga bertautan dengan hari Waisak, pada bulan suci ini juga kita segera disusul dengan momen padat politik yang ada dalam hal ini pilkada setelah itu kita akan menempuh momen penting Indonesia dan juga kita akan melaksanakan pesta olahraga terbesar Asian Games," kata Ketua BPIP Yudi Latief dalam sambutannya di selasar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Dia mengatakan silaturahmi memperingati hari lahir Pancasila ini agar masyarakat dapat saling berbagi dan beramal di bulan Ramadan. Silahturahmi ini juga dapat mempererat sesama umat Islam maupun berbagai agama lainya.


Dalam kesempatan yang sama, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar mengatakan adanya silahturahmi ini bukan hal yang baru. Menurutnya di zaman Nabi Muhammad SAW acara silahturahmi seperti ini sudah sering dilakukan, baik sesama agama maupun berbeda agama.

"Semoga dengan silahturahmi ini keutuhan bangsa semakin terpelihara, semoga Allah memelihara kita semua untuk terus melakukan amal soleh dengan seluruh kemampuan kita masing-masing," tutur Nazarudin.

Silahturahmi ini juga dihadiri Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarno Putri, Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed