DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 20:57 WIB

Menag soal Teror Bom: Tak Ada Kaitan dengan Agama Apa Pun

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Menag soal Teror Bom: Tak Ada Kaitan dengan Agama Apa Pun Menag Lukman Hakim (Andhika Prasetia/detikcom)
FOKUS BERITA: Bom Surabaya
Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan masyarakat Indonesia harus mengambil hikmah dari rentetan kasus teror bom yang terjadi belakangan ini. Peristiwa tersebut, lanjut Lukman, mengajarkan kepada masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan diri.

"Berkaitan dengan peristiwa-peristiwa teror di Surabaya, tentu ini harus benar-benar kita ambil hikmahnya. Setidaknya, pertama, kita harus meningkatkan kewaspadaan diri masing-masing," ujar Lukman di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).


Selain itu, dari peristiwa tersebut, Lukman meminta masyarakat memahami bahwa aksi terorisme tidak terkait agama mana pun, khususnya Islam. Sebab, Islam merupakan agama yang mengajarkan kedamaian dan keselamatan.

"Tindakan seperti itu secara langsung atau tidak langsung sering kali dikaitkan dengan agama, maka kita harus bisa menegaskan bahwa hal seperti itu tidak ada kaitannya dengan ajaran agama apa pun," ungkapnya.


Berkaitan dengan hal itu, Lukman mengajak masyarakat, pemuka agama, para kiai, dan pimpinan ormas keagamaan lebih proaktif menjelaskan esensi ajaran Islam kepada masyarakat.

"(Untuk) menjelaskan esensi ajaran Islam yang menebarkan rahmat, menebarkan kasih sayang dan kedamaian, oleh sesama umat manusia. Dan kami berharap media juga bisa bersama-sama dalam satu barisan untuk menjelaskan dan mempromosikan hal ini," tuturnya.


Untuk diketahui, rentetan kasus bom terjadi di Jawa Timur. Kasus teror bom pertama terjadi di tiga gereja di Surabaya, kemudian rusunawa di Sidoarjo, Mapolresta Surabaya, dan menyusul teror bom lainnya.
(gbr/jor)
FOKUS BERITA: Bom Surabaya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed