DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 16:29 WIB

Jasa Raharja Jamin Asuransi Pemudik 14 Hari

Robi Setiawan - detikNews
Jasa Raharja Jamin Asuransi Pemudik 14 Hari Foto: Jumpa pers mudik bareng BUMN (Robi Setiawan/detikcom)
Jakarta - Jasa Raharja ikut berpartisipasi dalam acara Mudik Bersama 2018 yang digelar BUMN. Partisipasi berupa asuransi JP Aman yang menjamin peserta selama 14 hari.

"Asuransi Mudik Lebaran JP Aman pertanggungannya selama 14 hari kerja, selama 24 jam, dan ini semua untuk kecelakaan apapun," ujar Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo, dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Selasa (15/5/2018).



JP Aman yakni Jasaraharja Putera Asuransi Mudik Lebaran. Jasaraharja Putera merupakan anak perusahaan Jasa Raharja.

Menurut Budi, jaminan asuransi tidak hanya lalu lintas di jalan. Namun selama mereka mudik atau berada di kampung halaman. Kemudian mengalami kecelakaan, terpeleset atau jatuh dari pohon, dan sebagainya.

"Semuanya (kecelakaan, terpeleset, jatuh dari pohon dan sebagainya) itu dijamin oleh JP Aman," kata Budi.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi ini, pemudik hanya membayar Rp 5.000. Dengan pembayaran ini otomatis mendapatkan jaminan selama 14 hari dan 24 jam sejak waktu keberangkatan.

Apabila kecelakaan terjadi, santunan kepada korban atau ahli waris korban yakni Rp 15 juta. Santunan cacat tetap maksimal Rp 15 juta, dan biaya perawatan atau luka-luka mendapatkan santunan maksimal Rp 1,5 juta atau biaya rawat inap Rp 75 ribu maksimum 20 hari.

Pemudik mengantre (Robi Setiawan/detikcom)Pemudik mengantre (Robi Setiawan/detikcom) Foto: Asuransi Jasa Raharja (Robi Setiawan)


Sementara soal mudik bareng, menurut Budi, kegiatan yang diseleggarakan oleh 62 BUMN ini memberikan fasilitas mudik melalui kereta, bus, kapal laut, dan pesawat. Sementara khusus untuk Jasa Raharja tidak menyediakan fasilitas mudik bareng melalui pesawat.

Jadwal keberangkatan mudik moda kereta api di Jakarta akan dilakukan pada 7 dan 8 Juni 2018 di Stasiun Senen. Sedangkan seremonial pemberangkatan diselenggarakan di Pantai Carnaval, Taman Impian Jaya Ancol pada Sabtu, 9 Juni 2018 yang juga merupakan jadwal tempat pemberangkatan bus di Jakarta.

Budi menambahkan, jumlah pemudik yang mendaftar kegiatan ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pemudik dari 118.220 pada 2017 menjadi 206.119 pada 2018. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menekan angka korban kecelakaan khususnya yang dialami oleh pengendara motor.

"Prinsipnya adalah bagaimana mudik ini agar nyaman, aman, dan selamat, dan juga kita berperan serta untuk menekan angka korban selama kegiatan mudik. Caranya yaitu dengan mengalihkan pengendara sepeda motor ke dalam moda angkutan," ucap Budi.

Pendaftaran mudik ini sudah dibuka sejak 20 Maret sampai 5 Juni 2018, baik secara online maupun reguler. Untuk Jasa Raharja, pendaftaran kereta api dibuka mulai 20-28 Maret 2018, untuk bus mulai 17 April hingga 8 Mei 2018.



Hari ini adalah jadwal untuk verifikasi data peserta yang ikut mudik menggunakan bus. Verifikasi dilakukan di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta. Hari ini jumlah peserta yang melakukan verifikasi diperkirakan sekitar 7.500 orang yang terbagi menjadi tiga sesi, yaitu pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB, dan pukul 13.00 WIB.

Seorang peserta mudik bareng, Sutito (63), mengatakan dirinya puas dengan pelayanan mudik bareng BUMN dari Jasa Raharja ini. Menurutnya pelaksanaan tahun ini paling rapi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dirinya pun mengatakan puas dari pelayanannya.

"Tahun ini paling rapi, Dinas Perhubungan ada, dinas lain ada. Ini terlihat memanusiakan manusia," kata Sutito.



(nwy/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed