Bayu Penghadang Bomber Ternyata Juga Fotografer Artis

Desi Puspasari, Aditya Mardiastuti - detikNews
Selasa, 15 Mei 2018 14:08 WIB
Bayu semasa hidup bersama istrinya. (Foto: Facebook)
Jakarta - Aloysius Bayu Rendra Wardhana merupakan salah seorang korban tewas akibat ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Surabaya. Dia dikenang karena aksi heroiknya menghadang bomber yang nekat menerobos gereja.

Rupanya, Bayu selain petugas keamanan gereja seperti yang disebutkan polisi, juga merupakan fotografer artis. Salah satu yang pernah menjadi model Bayu adalah Baby Margaretha.

"Di Jakarta dia kan dulu suka ke Jakarta ikut acara foto. Aku jadi modelnya, terakhir foto sama dia di Tangerang dan Epicentrum. Aku sih lihat berita dia tadi pagi, kayak kenal pas lihat namanya. Lihat Instagram-nya gila, beneran dia," cerita Baby Margaretha saat dihubungi melalui telepon, Selasa (15/5/2018).


Baby menerangkan Bayu kerap ke Jakarta untuk memotret. Dia pun mengaku salut atas keberanian Bayu menghadang dua terduga bomber yang akan meledakkan diri di gereja.

"Dia di Surabaya kalau foto dia sengaja datang ke Jakarta. Aku sih cuma bisa doain aja, semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan, insyaallah masuk surga," kata Baby.


Bayu juga tergabung di Komunitas Fotografi Indonesia (KFI). Lewat akun Instagram @kfi_official, mereka menggalang donasi untuk keluarga yang ditinggalkan Bayu.

"Alhamdulilah hari pertama sampai dengan pukul 21.00 WIB donasi solidaritas fotografer bersatu menentang terorisme untuk sahabat alm Bayu mencapai sebesar Rp 13.751.007,- (rincian donatur akan dishare di KFI Nasional)," tulis KFI di Instastory Instagram mereka. (ams/tor)