DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 13:47 WIB

Polda Metro Jaya Turunkan Status Pengamanan Pascabom Surabaya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polda Metro Jaya Turunkan Status Pengamanan Pascabom Surabaya Gedung Polda Metro Jaya. (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Bom Surabaya
Jakarta - Polda Metro Jaya menurunkan status pengamanan di markas komando (mako) dan kepada anggota kepolisian. Status yang awalnya Siaga I berubah menjadi hanya Siaga.

"Jadi untuk kegiatan Siaga I, berkaitan dengan yang telah disampaikan Kapolda Metro (Irjen Idham Azis), saat ini sudah kita nyatakan Siaga saja," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (15/5/2018).


Meski ada penurunan status, Argo menjelaskan polisi harus tetap waspada. Penjagaan di Mapolda Metro Jaya pun masih ketat.

"Artinya, tetap waspada untuk kepolisian dan kemudian siaga anggota bahwa untuk keluar-masuk markas polisi sekarang diperketat dan juga anggota standby. Artinya, kalau dihubungi suatu waktu untuk dibutuhkan tenaga dan pikirannya, mudah untuk dihubungi," kata Argo.

Namun Argo tidak menjelaskan secara rinci perbedaan Siaga I dengan Siaga. Dia hanya mengatakan ada beberapa pertimbangan.

"Tentunya banyak pertimbangan yang dilakukan oleh pimpinan. Dan sekarang ini bahwa artinya masyarakat silakan untuk melaksanakan kegiatan seperti biasanya. Polisi dan TNI akan melaksanakan pengamanan sesuai dengan kemarin, bisa patroli bersama," ucap Argo.


Sebelumnya, pascaserangan bom di Surabaya, Jawa Timur, Polda Metro Jaya meningkatkan status Siaga I. Status tersebut berlaku bagi polisi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi serangan teroris.

"Jadi memang benar Kapolda Metro menyatakan untuk jajarannya Siaga I untuk jajarannya sampai tingkat pospol, mulai dari tingkat polda, kemudian polres, kemudian polsek dan pospol," ujar Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (14/5).
(aik/idh)
FOKUS BERITA: Bom Surabaya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed