Bamsoet: Jangan Beri Ruang Teroris Berlindung di Balik HAM

Prima Fauzi - detikNews
Selasa, 15 Mei 2018 11:47 WIB
Foto: Dok. DPR
Jakarta - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, meminta kepolisian dan aparat penegak hukum untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan negara. Jika harus memilih HAM dan menyelamatkan masyarakat, dia meminta agar kepolisian tak memberikan ruang bagi teroris untuk berlindung pada HAM.

"Kepentingan bangsa dan negara harus didahulukan. Kalau ada pilihan antara HAM atau menyelamatkan masyarakat, bangsa dan negara, saya akan memilih menyelamatan masyarakat, bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Soal HAM, kita bahas kemudian. (Jika) terbukti kita proses hukum, (jika) tidak terbukti dilepaskan. Jangan kasih ruang bagi teroris untuk berlindung di balik nama HAM," tegasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (15/5/2018).

Pria yang akrab disapa Bamoset itu juga mengajak masyarakat untuk menciptakan keharmonisan. Dia meminta para tokoh masyarakat dan pemuka agama memberikan pencerahan kepada masyarakat dari isu yang bisa memecah bangsa.


"Masyarakat kita sangat heterogen dan kental dengan ketaatan terhadap tokoh maupun pemuka agama. Saya mengajak untuk menciptakan keteduhan dan keharmonisan. Para tokoh dan pemuka agama harus mencerahkan umatnya agar tak termakan isu yang dapat memecah bangsa maupun mengganggu kedamaian di Indonesia," ujarnya.

Untuk itu Bamoset meminta pemerintah agar tegas kepada provider atau penyedia layanan media digital untuk menutup situs atau memblokir konten bermuatan radikal. Itu dilakukan karena para teroris memanfaatkan platform digital untuk merekrut dan belajar merakit bom.

Hal itu diungkap Bamsoet saat berkunjung ke Mapolrestabes Surabaya bersama rombongan DPR lainnya. Setelah mengunjungi Mapolrestabes Surabaya, ia menjenguk korban di RS Bhayangkara Surabaya. Dalam kesempatan tersebut, Bamsoet mendoakan para korban dan berharap terorisme bisa dihentikan melalui pendidikan.


"Doa saya bersama para korban, termasuk empat anak pelaku yang masih anak-anak yang berhasil diselamatan aparat. Saya yakin para korban akan diberikan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Insya Allah, di masa mendatang tak ada lagi saudara kita yang menjadi korban. Mari kita sudahi kebiadaban para teroris sampai di sini dan menjadi tugas kita bersama bagaimana kita memberikan pendidikan dan masa depan bagi anak-anak pelaku teroris yang berhasil diselamatkan," pungkas Bamsoet. (idr/idr)