DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 11:03 WIB

Kemenhub Imbau Pemudik Jalur Laut Pesan Tiket Lebih Awal

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kemenhub Imbau Pemudik Jalur Laut Pesan Tiket Lebih Awal Foto: Ilustrasi (Iqbal-detikcom)
Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo meminta jajarannya untuk secara masif menginformasikan terkait penyediaan angkutan laut pada lebaran tahun 2018. Informasi tersebut terkait terbatasnya angkutan laut yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan.

Hal ini disampaikan Agus saat membuka Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Laut Lebaran tahun 2018 (1439 H). Rapat ini dalam rangka memantapkan koordinasi antar instansi, penyedia jasa maupun asosiasi terkait yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018.

"Masih ada waktu dua Minggu tolong dikomunikasikan ke masyarakat bahwa ketersediaan sarana angkutan ini kita sediakan, tapi ada batasnya. Terbatas," ujar Agus, di Redtop Hotel & Convention Centre, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).



Agus menyampaikan informasi tersebut, dengan tujuan agar masyarakat yang ingin melakukan mudik dapat segera melakukan pemesanan tiket lebih awal (early booking). Dengan pemesanan tiket yang lebih awal tersebut dapat meminimalisasi meledaknya pembelian tiket pada hari-hari tertentu.

"Di daerah yang potensi ekonominya baik mereka cenderung akan pergi. Jadi rekan-rekan semua tolong dilakukan komunikasi, kalau perlu dengan medsos, atau dengan media lain," katanya.



"Jadi ini yang sangat diperlukan bahwa komunikasi dengan masyarakat ini penting. Nanti kawan-kawan ke daerah saya minta komunikasi dengan Pemda setempat. Terus bagaimana berkomunikasi dengan masyarakat, supaya mereka bisa mendapatkan informasi yang cukup memadai. Bahwa angkutan lebaran disiapkan tapi jumlahnya terbatas," lanjut Agus.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Chandra Irawan dan juga perwakilan dari BMKG, BASARNAS, TNI AL, para pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan, para Kepala UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, para operator (perusahaan penyedia jasa), serta seluruh stakeholders terkait di bidang pelayaran.




Pesan Menhub: Yuk! Mudik pakai kapal laut:


(bag/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed