DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 10:33 WIB

Pilgub Sumut 2018

Cagub Edy Minta Dokter Puskesmas Layani Masyarakat dengan Baik

Moch Prima Fauzi - detikNews
Cagub Edy Minta Dokter Puskesmas Layani Masyarakat dengan Baik Foto: Cagub Sumut Edy Rahmayadi di UPT Pukesmas Pekan Labuhan, Medan (Dok. timses Edy Rahmayadi)
Medan - Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta pihak terkait seperti dokter di puskemas untuk melayani masyarakat dengan baik. Edy mengatakan itu ketika melihat antrean panjang di UPT Pukesmas Pekan Labuhan, Medan.

Edy mengatakan, masyarakat Indonesia memilih berobat ke luar negeri karena pelayanannya yang baik. Untuk itu Edy meminta agar pelayanan di puskesmas bisa ditingkatkan.

"Makanya kalau kita lihat masyarakat kita yang punya uang lebih memilih berobat keluar negeri karena mereka mendapat pelayanan yang baik di sana. Tapi kalau masyarakat kita yang kurang beruntung secara finansial membutuhkan puskesmas yang optimal. Sekali lagi saya mohon layanilah masyarakat kita ini sebaik-baiknya," kata Edy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/5/2018).

Edy berharap, ke depannya Sumatera Utara bisa memiliki banyak puskesmas yang bisa memenuhi standar pelayanan internasional dengan mengantongi standar ISO. Pihaknya, kata dia, akan mendorong pembangunan puskesmas dengan standar pelayanan serupa standar internasional yang diprioritaskan di desa atau kecamatan terpencil yang jauh dari pusat pelayanan kesehatan.

Adapun layanannya yang dimaksud meliputi rawat jalan, kesehatan umum, gigi, pelayanan ibu (klinik KB, papsmear, imunisasi TT), pelayanan bayi dan balita. Selain itu, pelayanan laboratorium yang mencakup darah lengkap, kencing manis, asam urat, kolesterol, urine, widal, tes kehamilan, dan golongan darah. Di puskesmas tersebut juga terdapat layanan rawat inap.

"Jika dimungkinkan, puskesmas di daerah juga bisa melakukan tindakan medis lanjutan seperti operasi kecil. Contohnya sudah ada, beberapa puskesmas di Jakarta atau Jawa Timur punya fasilitas untuk melayani operasi katarak. Saya kira, ini juga jadi solusi untuk mengurangi penumpukan pasien di rumah sakit rujukan yang ada," tutur Edy.



(nwy/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed