DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 10:44 WIB

Libur Lebaran Bertambah, Pemudik Via Laut Diprediksi Meningkat

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Libur Lebaran Bertambah, Pemudik Via Laut Diprediksi Meningkat Foto: Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo membuka Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Laut Lebaran tahun 2018. (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksi akan terjadi kenaikan penumpang angkutan laut pada Lebaran tahun 2018. Kenaikan penumpang diprediksi 2,7%.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo saat membuka Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Laut Lebaran tahun 2018 (1439 H). Rapat ini dalam rangka memantapkan koordinasi antar instansi, penyedia jasa maupun asosiasi terkait yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018.

"Prediksi penumpang tahun ini kalau dari interpolasi itu 2,7% lah. Atau sekitar 1,7 juta penumpang," ujar Agus di Redtop Hotel & Convention Centre, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).


Agus mengatakan prediksi peningkatan penumpang ini karena ditambahnya libur lebaran oleh pemerintah. Hal itu, menurutnya akan merangsang masyarakat untuk melakukan mudik lebaran melalui jalur laut.

"Dengan libur yang panjang ada kecenderungan orang akan memilih transportasi laut daripada udara yang relatif lebih mahal harganya," ujarnya.

Untuk itu, Agus meminta jajarannya dan instansi terkait untuk segera mengidentifikasi potensi kenaikan penumpang di daerah-daerah. Terutama, di daerah yang tingkat ekonominya membaik.

"Seperti dari Kepri, Mungkin Kalbar, Kalsel, Kaltim, Sulsel, Sulteng, Sulut, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, NTT, NTB," kata Agus.


Agus juga meminta agar angkutan lebaran yang dilaksanakan pada H-15 (31 Mei 2018) sampai dengan H+15 (1 Juli 2018) ini dapat disiapkan dengan sebaik-baiknya. Agar masyarakat dapat melakukan mudik dengan aman dan nyaman.

"Artinya image-nya itu orang ingin melakukan lebaran dengan enjoy dan happy. Jangan sampai terjadi sebaliknya. Jadi kita harus antisipasi dari awal delivery penumpang. Angkutan kita siapkan, kalau kurang ditambah dan sebagainya. Saya kira dengan koordinasi yang baik, kerja sama untuk mensukseskan program ini secara bersama," tuturnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Chandra Irawan dan juga perwakilan dari BMKG, BASARNAS, TNI AL, para pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan, para Kepala UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, para operator (perusahaan penyedia jasa), serta seluruh stakeholders terkait di bidang pelayaran.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed