DetikNews
Senin 14 Mei 2018, 18:28 WIB

Ketua MK Lapor Persiapan Jelang Pilkada 2018 ke Jokowi

Ray Jordan - detikNews
Ketua MK Lapor Persiapan Jelang Pilkada 2018 ke Jokowi Ketua MK Anwar Usman (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anwar melaporkan soal penetapan dirinya sebagai Ketua MK dan sistem pengajuan gugatan yang bisa dilakukan secara online.

"Bahwa pada tanggal 2 April 2018 telah terpilih Ketua dan Wakil Ketua MK yang baru," kata Anwar setelah bertemu dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Selain itu, dia melaporkan soal persiapan MK dalam menghadapi perkara sengketa pilkada nanti. "Persiapan untuk menyelesaikan persengketaan pilkada kalau nanti ada yang masuk dengan sistem yang baru. Istilahnya 'simpel', jadi tidak manual seperti biasanya," katanya.

Anwar menjelaskan sistem yang dimaksud adalah permohonan gugatan hasil pilkada bisa dengan memanfaatkan teknologi. Yakni dengan mengakses simpel.mkri.id.

"Bahwa permohonan itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas elektronik. Jadi tidak perlu tergesa-gesa karena berdasarkan UU kan 3 hari kerja memasukkannya, sekarang ini bisa di daerah mana pun bisa mengajukan melalui simpel.mkri.id," katanya.

Anwar menambahkan sistem yang dibangun MK ini akan sangat membantu masyarakat di luar Jakarta. Dengan sistem tersebut, tidak ada batasan jarak yang bisa mempersulit proses pengajuan gugatan.

"Untuk di daerah, karena dibatasi waktu, dia tidak perlu tergesa-gesa ke MK Jakarta. Di daerahnya pun bisa mengajukan permohonan itu," katanya.

Lantas, apa tanggapan Jokowi? Anwar mengatakan Jokowi antusias terhadap sistem online yang digalakkan MK tersebut.

"Beliau sangat apresiatif sekali terkait dengan sistem online," katanya.
(jor/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed