ADVERTISEMENT

LSI Denny JA: Airlangga-Moeldoko-TGB Cawapres Potensial Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 14 Mei 2018 18:09 WIB
Jokowi-Airlangga di Istana Bogor (Foto: dok. DPP Golkar)
Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei tingkat kelayakan cawapres pada Pilpres 2019. Survei ini membahas cawapres potensial yang akan mendampingi capres Joko Widodo.

Survei dilakukan pada 28 April hingga 5 Mei 2018. Metode yang dilakukan adalah expert judgement. Metode ini dengan menyusun enam indeks yang harus dipenuhi oleh cawapres.

Enam indeks tersebut akan diberi nilai dari 1-10 oleh 30 ahli yang terdiri atas peneliti dan akademisi di tujuh provinsi, yaitu Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Utara. LSI tidak memerinci siapa saja 30 peneliti dan akademisi yang melakukan penilaian.



Enam indeks yang menjadi tolok ukur adalah indeks dukungan elektabilitas, kecukupan partai, kapasitas kemampuan memerintah, akseptabilitas/kenyamanan capres berpasangan, mengakomodasi kelompok politik penting (agama, suku, militer/sipil), dan dana untuk kampanye.

Survei dilakukan dengan tiga simulasi pertanyaan. Simulasi pertama 'siapa cawapres potensial dari partai?', 'siapa cawapres potensial dari militer?', dan 'siapa cawapres potensial dari Islam?'. Hasilnya, dari kalangan partai, cawapres paling potensial adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Airlangga Hartarto dengan total skor 34, kemudian Budi Gunawan dengan skor 32, Puan Maharani dengan perolehan skor 31, Surya Paloh dengan skor 29, Hari Tanoe 27, dan Oesman Sapta," papar peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (14/5/2018).



Dari kalangan militer, mantan Panglima TNI Moeldoko menduduki posisi tertinggi dengan skor 34. Diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi kedua dengan skor 33 dan Gatot Nurmantyo di posisi ketiga dengan skor 31.

"Kemudian, cawapres dari kalangan Islam. Nama Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi berada di posisi teratas dengan skor 37. Kemudian Cak Imin di posisi kedua dengan skor 36 dan Romahurmuziy di posisi ketiga dengan skor 35," tutur Adjie. (rvk/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT