DetikNews
Senin 14 Mei 2018, 17:37 WIB

Top 5 News

Kapolri Ungkap Motif Bom Surabaya, Serangan Teroris Duren Sawit Hoax

Muhammad Idris - detikNews
Kapolri Ungkap Motif Bom Surabaya, Serangan Teroris Duren Sawit Hoax Foto: Top 5 News
Jakarta - Serangkaian serangan teroris terjadi di Jawa Timur. Selang sehari pasca bom di tiga gereja, aksi teror hari ini menyasar Mapoltabes Surabaya. Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah membeberkan motif serangan di Surabaya dan Sidoarjo.

Sementara itu, viral sebuah video serangan bom pada sebuah gereja di Duren Sawit beredar. Belakangan, polisi menyebut kalau informasi aksi teror di ibu kota tersebut hoax.

Berikut Top 5 News edisi Senin (14/5/2018).

[Gambas:Video 20detik]


1. Kapolri Beberkan Motif di Balik Bom Surabaya-Sidoarjo

Pasca terjadinya serangkaian serangan teroris, Kapolri Jenderal Tito Karnavian buka-bukaan soal motif penyerangan yang dilakukan sel Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Surabaya dan Sidoarjo.

Menurut mantan Komandan Densus 88 ini, serangan-serangan bom dilakukan oleh para pelaku yang masih satu keluarga. Selain motif balas dendam, aksi bom bunuh diri dilakukan karena adanya instruksi dari ISIS yang memerintahkan sel-sel jaringan mereka mulai bergerak.

Artikel selengkapnya: Motif di Balik Serangan Bom Surabaya

2. Teror Telepon Gelap, Gereja Santa Anna di Jakarta Diancam Bom

Beredar video serangan bom yang disebut terjadi di sebuah gereja di Duren Sawit. Dalam video itu, seorang perempuan dewasa dan dua anaknya terlihat berjalan ke perkiran motor yang kemudian disusul sebuah ledakan.

Polisi memastikan informasi bom di Jakarta tersebut hoax. Diduga video itu merupakan salah satu gambar serangan teroris di Surabaya pada Minggu kemarin.

Artikel selengkapnya: Hoax Bom di Gereja Duren Sawit

3. Belum Rampungnya Revisi UU Terorisme oleh DPR Jadi Persoalan

Pasca meledaknya bom yang mengguncang Surabaya, sejumlah pihak mendesak DPR segera merampungkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme atau Antiterorisme.

Salah satu pasal yang krusial yakni masuknya keterlibatan TNI dalam pencegahan dan penanganan aksi terorisme. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan dirinya sudah berbicara dengan Panglima TNI. Menurutnya, tidak ada persoalan tentang kewenangan TNI-Polri dalam pemberantasan terorisme.

Artikel selengkapnya: Rampungkan Segera Revisi UU Terorisme

4. Salah Jadi Topskorer Premier League

Mohamed Salah menyabet gelar topskorer Premier League setelah penampilan apiknya bersama Liverpool musim ini. Pemain timnas Mesir menutup musim ini dengan 32 gol yang turut memecahkan rekor baru ketika kompetisi itu sudah berformat 38 laga.

Salah mengakhiri musim ini dengan satu gol ke gawang Brighton and Holve Albion di Anfield, Minggu (13/5/2018) malam WIB, dalam kemenangan Liverpool dengan skor 4-0.

Artikel selengkapnya: Salah Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris

5. Para Korban Abu Tours Unjuk Rasa di Kementerian Agama

Para jemaah, agen, dan mitra yang menjadi korban Abu Tours menggelar aksi demo di depan Kementerian Agama. Mereka menuntut kementerian yang dipimpin Lukman Hakim ini bertanggung jawab atas pencabutan izin Abu Tours.

Akibat pencabutan legalitas Abu Tours tersebut, sebanyak 86.720 jemaah gagal berangkat umrah terkatung-katung tak jelas rimbanya. Total kerugian jemaah diperkirakan Rp 1,4 triliun.

Artikel selengkapnya: Demo Jemaah Korban Abu Tours
(idr/mpr)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed