DetikNews
Sabtu 12 Mei 2018, 19:30 WIB

Pilgub Jabar 2018

Cawagub Uu Janji Bangun Pasar Induk Beras di Karawang

Robi Setiawan - detikNews
Cawagub Uu Janji Bangun Pasar Induk Beras di Karawang Foto: Mukhlis Dinillah
Jakarta - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum atau dikenal pasangan Rindu berencana membangun pasar induk khusus beras. Pasar induk itu akan dibangun di sentra pertanian Karawang dan sentra pertanian di Jabar lainnya.

"Kami ingin Karawang mempunyai pasar induk khusus beras sehingga keuntungan dari harga jual beras yang tinggi bisa berimbas langsung pada terdongkraknya harga gabah. Pasar Induk ini tidak hanya di Karawang, namun di daerah lain di Jabar yang menjadi sentra pertanian," kata Uu dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/5/2018).

Selain itu, Uu yang bertemu dengan komunitas penggilingan padi di Rengasdengklok, Karawang, mengatakan akan membantu petani mengendalikan harga panen dengan sistem Gudang Juara.

Hal ini dilakukan agar menguntungkan petani, serta memaksimalkan Karawang sebagai lumbung padi nasional.

"Sistem pergudangan yang akan kita bangun akan dapat menampung semua hasil panen petani sehingga sistem harga bisa dikendalikan oleh pemerintah yang propetani," tambah Uu.

Uu menyebut berbagai program yang selama ini ia usung bukanlah hanya muncul saat kampanye Pilkada, namun merupakan pengembangan dari berbagai program yang selama ini mereka lakukan saat menjadi kepala daerah.

Uu yang dua periode memimpin Tasikmalaya mengaku mempunyai rekam jejak panjang dalam pembangunan pedesaan.

"Saya dan Kang Emil adalah pasangan yang ideal karena memadukan pengalaman pembangunan di perdesaan dan di perkotaan. Kang Emil sudah terbukti di Bandung, berbagai programnya tidak hanya diakui di tingkat nasional, namun juga internasional," pungkas Uu.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed