ADVERTISEMENT

Deisti Disebut Ikuti Fredrich Tolak Teken Berkas Penahanan Novanto

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 11 Mei 2018 17:15 WIB
Deisti Astriani Tagor yang disebut hanya mengikuti Fredrich Yunadi dengan menolak tidak menandatangani berita acara penahanan Setya Novanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Deisti Astriani Tagor pernah menolak menandatangani berkas berita acara penahanan suaminya, Setya Novanto. Saat itu, berkas itu disampaikan padanya ketika Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau.

Penolakan Deisti itu disebut Retno Dahlia Naulita, rekan Deisti, mengikuti apa yang dilakukan Fredrich Yunadi sebelumnya yang juga menolak. Saat itu Fredrich masih berstatus sebagai pengacara Novanto.

"Anda tahu 17 November, KPK minta saya tanda tangan, tapi saya tidak mau tanda tangan? Di berita acara penahanan sepertinya," tanya Fredrich pada Retno yang dihadirkan sebagai saksi a de charge atau meringankan dalam sidang perkara perintangan penyidikan dengan terdakwa Fredrich di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018).

"Iya, ibu (Deisti) ikutin bapak. Bapak nggak tanda tangan, ibu nggak tanda tangan," jawab Retno.

Jaksa KPK kemudian menanyakan hal itu lebih detail. Jaksa menanyakan tentang ada tidaknya unsur paksaan dari Fredrich pada Deisti.

"Pada saat tanggal 17 (November 2017) ada penyidik KPK yang ingin melakukan penahanan dan ada BAP yang penolakan itu, pada saat itu ibu menolak apa karena terdakwa?" tanya jaksa Roy Riyadi.

"Tidak, tadi Pak Yunadi bilang tidak tanda tangan, ibu mengikuti Pak Yunadi," jawab Retno. (ams/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT