DetikNews
Jumat 11 Mei 2018, 16:48 WIB

Teman Deisti Istri Novanto Jadi Saksi Meringankan Fredrich

Aditya Mardiastuti - detikNews
Teman Deisti Istri Novanto Jadi Saksi Meringankan Fredrich Retno Dahlia, rekan Deisti Astriani Tagor, mengenakan jilbab, menjadi saksi meringankan bagi Fredrich Yunadi. (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Retno Dahlia, teman Deisti Astriani Tagor, mengaku berada di rumah Setya Novanto ketika tim penyidik KPK mencari mantan Ketua DPR tersebut. Retno pun menceritakan peristiwa tersebut sebagai saksi meringankan atau a de charge bagi Fredrich Yunadi.

Saat itu, 15 November 2017, tim penyidik KPK menyambangi rumah Novanto. Retno mengaku berada di kediaman Novanto bersama beberapa temannya setelah mengikuti pengajian.

Ketika tim penyidik KPK datang, Retno tidak menyadarinya karena sedang berada di lantai atas. Namun dia mengaku sempat membantu Deisti menelepon Novanto.

"Karena nggak nyambung-nyambung, petugas KPK-nya bilang (dicoba lagi), kita telepon-telepon lagi nggak bisa, maksudnya tidak diangkat. Nadanya tidak sambung," kata Retno saat bersaksi dalam sidang perkara perintangan penyidikan dengan terdakwa Fredrich di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018).

Tim penyidik KPK saat itu juga melakukan penggeledahan. Retno yang menyaksikannya kemudian ikut menandatangani berita acara penggeledahan.

"Apakah saksi melihat saya menghalangi (petugas KPK) masuk?" kata Fredrich.

"Yang saya lihat tidak," jawab Retno.

Hingga keesokan harinya, Retno mengaku juga mendapat kabar tentang kecelakaan yang dialami Novanto. Dia pun turut menemani Deisti ke rumah sakit.

"Habis magrib, Ibu Novanto dapat telepon dari Pak Yunadi, Bapak kecelakaan. Kita kaget dan langsung siap-siap, tapi kita tidak tahu kecelakaan di mana. Akhirnya diberitahukan Bapak di RS Permata Medika itu," kata Retno.

Ketika di rumah sakit, Retno melihat ada beberapa kamar yang sudah disewa. Kamar-kamar itu disebut Retno digunakan untuk keluarga dan ajudan Novanto.

"Yang saya tahu, kamar seberang itu dipakai ajudan, terus belakangan saya tahu kamar sebelah itu kalau keluarganya Ibu dateng," kata Retno.
(ams/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed