detikNews
Jumat 11 Mei 2018, 15:57 WIB

Massa Aksi Bubar, TNI-Polri Tarik Pengamanan dari Kedubes AS

Denita Matondang - detikNews
Massa Aksi Bubar, TNI-Polri Tarik Pengamanan dari Kedubes AS Foto: Pasukan TNI-POlri meninggalkan depan Gedung Kedubes AS. (Denita-detikcom)
Jakarta - Massa Aksi Bela Palestina telah membubarkan diri dari Kedubes AS, Jakarta Pusat. TNI-Polri pun menarik pengamanan.

Pantuan detikcom, pasukan TNI-Polri meninggalkan Gedung Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pukul 15.15 WIB, Jumat (11/5/2018). Selain itu, sejumlah kendaraan taktis pun ditarik.


Lebih dari empat unit kendaraan tempur TNI, delapan unit mobil baraccuda, empat unit water canon, dan sejumlah kendaraan dinas polisi yang meninggalkan lokasi.

Massa Aksi Bubar, TNI-Polri Tarik Pengamanan dari Kedubes ASFoto: Pasukan TNI-POlri meninggalkan depan Gedung Kedubes AS. (Denita-detikcom)

Sejumlah peralatan pengamanan seperti kawat duri, tameng serta helm juga diangkut polisi. Sementara itu, para anggota TNI terlihat lebih dulu meninggalkan lokasi menggunakan kendaraan bermotor. Kemudian disusul oleh para polisi dengan truk.

Jalan arah lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Medan Merdeka Selatan sudah dibuka. Alhasil, arus lalu lintas di kawasan Gambir juga sudah lancar.


Sebelumnya, sejumlah massa melakukan aksi bela Palestina di Monas dan depan Gedung Kedubes AS. Aksi di Monas juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Para massa memprotes kebijakan Amerika yang akan memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com