Cak Imin Ingin NU Dilibatkan dalam Penanggulangan Teroris

Tsarina Maharani - detikNews
Jumat, 11 Mei 2018 14:56 WIB
Foto: Cak Imin. (Gibran Maulana/detikcom).
Jakarta - Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menawarkan solusi penanggulangan terorisme. Ia menyebut, salah satu caranya ialah mempercayakan napi terorisme di Lapas Nusakambangan ke tangan para kiai Nahdlatul Ulama (NU).

"Nggak ada pilihan. Serahkan Nusakambangan kepada NU," kata Imin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Imin menjelaskan, NU memiliki pendekatan yang efektif untuk mengatasi pelaku terorisme. Ia jamin, di tangan kiai NU, napi terorisme bisa 'sembuh total' dari sikap radikal.

"Pendekatan religius seluruh Nusakambangan. Bikin MoU (nota kesepahaman) antara Kementerian Hukum dan HAM dengan NU, lalu semua menu acara ditangani tareqat. Itu keluar dua tahun dari Nusakambangan, jadi kiai NU. Nggak neror lagi," ujar Imin.



Ia berharap usulan ini bisa dipertimbangkan. Alasannya, napi terorisme perlu penanganan khusus yang harus dilakukan oleh para ahli.

"Ini kan sebetulnya hal biasa. Mestinya kan serahkan pendidikan dan pengajaran ajaran Islam itu kepada ahlinya. Jangan yang tidak ahli mengajari agama," jelas Wakil Ketua MPR itu.



"Saya mengimbau Menkum HAM MoU dengan NU untuk menangani khusus terorisme saja," imbuh Imin.

Hal ini disampaikan Imin terkait insiden kerusuhan napi teroris di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Selasa (8/5). Ada 155 napi teroris yang terlibat rusuh dan penyanderaan polisi.

Atas kejadian itu, seluruh napi terorisme dipindahkan dari Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, ke Lapas Nusakambangan.


(tsa/rvk)