detikNews
Jumat 11 Mei 2018, 13:37 WIB

Sandi: Fenomena Manusia Gerobak di DKI Sudah Tak Ada

Indra Komara - detikNews
Sandi: Fenomena Manusia Gerobak di DKI Sudah Tak Ada Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan fenomena manusia gerobak sudah tidak ada lagi di Ibu Kota. Kata Sandi, Pemprov melalui Dinas Sosial sudah menampung mereka di panti sehingga tidak ada lagi yang berkeliaran di jalan.

"Sebetulnya di DKI itu sudah nggak ada lagi fenomena ataupun kejadian yang mengakibatkan manusia itu tinggal di gerobak karena semua sudah tertangani. Ada shelter-nya, ada pantinya, makannya yang kita sediakan," ujar Sandi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018).

Sandi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memberi instruksi agar tak ada lagi orang kelaparan berkeliaran selama Ramadan. Pemprov DKI, disebut Sandi, akan menyediakan tempat tinggal dan memberi makanan kepada mereka yang telantar di jalan.

"Pak Anies dan saya sudah arahkan, nggak boleh masuk bulan suci Ramadan ini ada orang kelaparan," katanya.

Sandi juga ingin menjadikan momen Ramadan untuk membagikan makanan kepada orang tidak mampu. Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), termasuk manusia gerobak, juga akan jadi perhatian khusus Pemprov DKI agar tak telantar.

"Jadi nanti masjid-masjid diberikan buka puasa bersama juga. Kalau bulan puasa ini kita jadikan momen untuk memberi makan kepada yang lapar, memberikan tempat tinggal kepada yang tidak memiliki tempat tinggal, itu yang menjadi tujuan kita," ucap Sandi.
(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com