Gunung Merapi Meletus, BPBD Bagikan 50 Ribu Masker

Ristu Hanafi - detikNews
Jumat, 11 Mei 2018 10:25 WIB
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Jakarta -

Gunung merapi meletus freatik pagi ini. BPBD Sleman membagikan masker ke warga.

"50 ribu masker sudah dibagikan," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, kepada wartawan di Posko BPBD Sleman di Pakem, Yogyakarta, Jumat (11/5/2018).


Saat ini BPBD masih punya banyak stok masker. Semuanya akan dibagikan ke masyarak sesuai keperluan.

"Stok 60 ribu di posko Pakem, setiap Puskesmas sudah punya stok," katanya.


Gunung Merapi mengalami letusan freatik pagi ini. Menurut pemantauan citra satelit cuaca RGB Himawari, diketahui sebaran debi vulkanik ke arah selatan-barat daya.

"Berdasarkan pemantauan citra satelit cuaca RGB Himawari menunjukkan pergerakan sebaran debu vulkanik ke arah selatan-barat daya," ujar Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Agus Sudaryanto kepada detikcom, Jumat (11/5/2018).

Gunung Merapi meletus freatik pagi ini. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan status Gunung Merapi masih normal.

"Status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (Level I) dengan radius berbahaya adalah 3 kilometer dari puncak kawah," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (11/5/2018).

Letusan freatik Gunung Merapi terjadi pada pukul 07.32 WIB. Letusan ini diakibatkan dorongan uap air.

"BPBD Sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km seperti daerah Kinahrejo sudah diinstruksikan untuk evakuasi ke bawah di barak pengungsi," kata Sutopo.

Merapi kembali batuk, netizen ramai mendoakan. Tonton video tanggapan netizen di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Kirimkan foto atau video kalian terkait erupsi Merapi ke PasangMata.com



(van/tor)