DetikNews
Rabu 09 Mei 2018, 18:59 WIB

Viral Polisi Bantu Kucing Menyeberang, Ini Cerita di Baliknya

Raja Adil Siregar - detikNews
Viral Polisi Bantu Kucing Menyeberang, Ini Cerita di Baliknya Polisi membantu kucing menyeberang jalan. (Foto: Instagram Satlantas Polres Muba)
Musi Banyuasin - Video polisi membantu kucing menyeberang jalan yang di-posting akun @lantasmuba jadi viral di media sosial. Ada sosok polisi pencinta kucing di baliknya.

Kasat Lantas Polres Musi Bayuasin AKP Rio Artha mengatakan video itu diambil pada pagi ini sekitar pukul 08.00 WIB di Jalan Merdeka, Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Video itu diambil tadi pagi, Briptu Satria yang sedang mengatur lalu lintas melihat ada kucing mau menyeberang. Mengingat kondisi jalanan saat itu padat, dia punya inisiatif menghentikan kendaraan agar si kucing bisa menyeberang," kata AKP Rio saat ditemui detikcom di Polda Sumsel, Rabu (9/5/2018).



Di saat Briptu Satria membantu si kucing untuk menyeberang, tiba-tiba datanglah anggota lain bernama Bripka Silaen. Bripka Silaen iseng mengambil gambar dan mengunggahnya ke akun Instagram @lantasmuba.

"Video itu secara spontan diambil Bripka Silaen. Selain untuk di-posting iseng, juga sebagai video penutupan operasi Patuh Musi 2018. Jadi ada makna saat digelar operasi, bahwa keselamatan itu menjadi nomor satu bagi anggota selama tugas. Keselamatan tak hanya bagi pengendara saja, tapi hewan pun perlu diselamatkan," kata Rio.

Polisi bantu kucing menyeberang jalan / Polisi membantu kucing menyeberang jalan. (Foto: Instagram Satlantas Polres Muba)


Setelah video itu di-posting, Rio dan jajaran Polres Musi Banyuasin kaget saat tahu video itu jadi viral. Meskipun sebenarnya Briptu Satria adalah pencinta kucing.

"Saya sempat tanyakan sama anggota soal video itu dan ternyata Briptu Satria juga pencinta kucing. Katanya ada banyak kucing di rumah dia, jadi wajar kalau saat bertugas tadi pagi dia membantu kucing untuk menyeberang," sambungnya.

"Sebenarnya biasa kalau kami ini tugas ambil gambar. Selain untuk laporan, juga untuk dokumentasi kita selama operasi berlangsung. Tapi saya bangga dengan mereka, lah hewan saja mereka peduli, apalagi sama manusia," kata Rio sambil menyanjung kedua anggotanya itu.



Sebagaimana diketahui, ada dua video viral di media sosial. Dalam video yang pertama, terlihat seekor kucing berdiri tepat di jalur dua arah akan menyeberang dengan dipandu anggota lantas.

Polisi terlihat membuat gestur dengan tangan memandu kucing melintas dan meminta menghentikan laju kendaraan. Kucing terlihat menyeberang menuju ujung jalan dengan selamat.

Begitu pula pada video kedua, terlihat polisi membantu kucing menyeberang. Video itu pun kini viral dan menjadi perbincangan di media sosial.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed