DetikNews
Selasa 08 Mei 2018, 18:24 WIB

Top 5 News

Dolar AS Tembus Rp 14 Ribu, Zulkifli Sebut Gatot Cocok Nyapres

Muhammad Idris - detikNews
Dolar AS Tembus Rp 14 Ribu, Zulkifli Sebut Gatot Cocok Nyapres Foto: Top 5 News
Jakarta - Dolar Amerika Serikat kembali mengalami penguatan atas rupiah. Pada pagi hari, mata uang Negeri Paman Sam itu sudah bertengger di Rp 14.027. Level tersebut merupakan posisi nilai tukar tertinggi dolar sejak awal 2018.

Sementara itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu dengan eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Banyak hal dibahas kedua tokoh tersebut, salah satunya terkait isu politik terkini.

Berikut Top 5 News edisi Selasa (8/5/2018).

[Gambas:Video 20detik]


1. Dolar AS Tembus Rp 14 Ribu

Sempat mencatatkan pelemahan pada awal Maret di angka Rp 13.288, dolar AS terus mengalami tren penguatan. Bahkan sejak kemarin, nilai tukar mata uang paling banyak beredar di dunia ini sudah mencapai Rp 14 ribu.

Nilai tukar dolar AS yang menembus Rp 14 ribu terbilang jauh dari asumsi makro yang ditargetkan dalam APBN 2018 di level Rp 13.400. Imbasnya, penguatan dolar ini akan mempengaruhi kebijakan anggaran pemerintah, terutama subsidi energi di mana Indonesia banyak mengimpor minyak.

Artikel selengkapnya: Dolar Sudah Tembus Rp 14.000

2. Anies Digadang-gadang Jadi Cawapres Prabowo

Anies Baswedan dinominasikan pantas menjadi kandidat pendamping Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2019. Penetapan cawapres sendiri perlu persetujuan dari partai koalisi, yakni PAN dan PKS.

Selama ini peringkat popularitas Anies dalam berbagai lembaga survei cukup tinggi. Meski begitu, sejauh ini baik Prabowo maupun Partai Gerindra belum secara resmi mendeklarasikan soal cawapres.

Artikel selengkapnya: Anies Kandidat Cawapres Prabowo

3. Zulkifli Hasan Bertemu Gatot Nurmantyo

Gatot Nurmantyo hari ini menemui Ketua MPR Zulkifli Hasan. Menurut Zulkifli, pertemuannya dengan eks Kepala Staf TNI AD itu salah satunya membahas situasi menjelang Pilpres 2019. Bahkan, menurutnya, Gatot layak masuk bursa capres maupun cawapres.

Zulkifli bahkan sempat bergurau saat bersalaman dengan Gatot. "Nah, ini yang cocok jadi capres," kata Zulkifli sambil tertawa. Dalam pertemuan itu, tampak hadir pula Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Artikel selengkapnya: Gatot Temui Zulkifli Hasan di MPR

4. Kamera Redmi S2 akan Dilengkapi Artificial Intelligence

Produsen ponsel China, Xiaomi, akan merilis perangkat baru bernama Redmi S2. Smartphone ini kabarnya akan dilengkapi teknologi kecerdasan buatan atau AI di bagian kamera.

Kemampuan AI yang dibenamkan di Redmi S2 akan membuat bidikannya semakin akurat dan tajam. Ada dua fitur yang bakal dihadirkan Xiaomi di ponsel yang membidik kalangan menengah-bawah ini, yakni AI Portrait dan AI Beauty.

Artikel selengkapnya: Kamera Ponsel China Dilengkapi Kecerdasan Buatan

5. Jet Tempur Arab Bombardir Istana Yaman

Jet tempur koalisi militer pimpinan Arab Saudi menggempur Istana Kepresidenan Yaman di Kota Sanaa yang dikuasai pemberontak Houti. Serangan udara itu merusak istana, rumah, dan area bisnis di sekitar Distrik Tahrir yang ada di pusat kota.

Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas. Arab Saudi memang membidik tokoh-tokoh Houti dalam pengeboman tersebut. Dua pemimpin Houthi, termasuk Mohammed Ali al-Houthi dan kepala komite revolusioner tertinggi kelompok tersebut, berada di istana saat kejadian.

Artikel selengkapnya: Istana Yaman Dibom Koalisi Saudi
(idr/ega)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed