Koalisi untuk Marsinah Gelar Aksi di Taman Aspirasi Monas

Virgina Maulita Putri - detikNews
Selasa, 08 Mei 2018 15:36 WIB
Pendemo menuntut penyelesaian kasus hukum atas kasus Marsinah di Taman Aspirasi Monas, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018). (Virgina Maulita Putri/detikcom)
Jakarta - Koalisi kelompok perempuan dan organisasi buruh menggelar aksi di Taman Aspirasi Monas, Jakarta Pusat. Pendemo menuntut penyelesaian kasus hukum atas kasus Marsinah.

Aksi ini diawali dengan pertunjukan teatrikal. Setelah itu, pendemo meneriakkan yel-yel yang meminta pengusutan tuntas kasus kejahatan HAM terhadap Marsinah.

"25 tahun Marsinah," teriak orator, yang langsung disahuti peserta dengan berteriak "usut tuntas".

Mereka yang terlibat aksi dukungan untuk Marsinah di antaranya Perempuan Mahardhika, Federasi Buruh Lintas Pabrik, dan Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan. Massa mengenakan kaus dan spanduk yang bertulisan 'Marsinah Pejuang dan Pahlawan Rakyat'.

Soal kasus Marsinah, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut ada kesulitan dalam pengungkapannya. "Itu kan agak sulitnya begini. Kalau pergantian-pergantian pemerintahan, bukan berarti ada sebuah perbedaan hukum," ujarnya, Selasa (8/5).

Marsinah adalah buruh di pabrik arloji PT Catur Putera Surya (CPS), Sidoarjo, Jatim. Dia memimpin unjuk rasa, menuntut perusahaan menaikkan upah seperti tertera pada surat edaran Gubernur Jatim kala itu.

Namun Marsinah ditangkap, kemudian hilang. Marsinah ditemukan dalam kondisi tak bernyawa pada 8 Mei. (fdn/hri)