DetikNews
Selasa 08 Mei 2018, 14:13 WIB

Akhirnya Pernikahan Anak Usia 12 Tahun Batal Meski Pesta Sudah Siap

Zulkipli Natsir - detikNews
Akhirnya Pernikahan Anak Usia 12 Tahun Batal Meski Pesta Sudah Siap Pesta dibatalkan karena mempelai masih anak-anak. (Zul/detikcom)
Sinjai - Resepsi acara akad nikah antara siswi SD dan pria usia 21 tahun di Sinjai, Sulsel, dinyatakan batal oleh pihak keluarga. Padahal pelaminan sudah berdiri dan makanan tersaji siap dimakan tamu.

Dari pantauan di lokasi, Selasa (8/5/2018), panggung pelaminan beserta aneka macam hidangan sudah siap. Selain itu, acara hiburan yang diperuntukkan buat tamu undangan telah lengkap.

"Kami hanya bisa menghibur kedua orang tua atas pembatalan akad nikah ini. Kami ganti acara resepsinya jadi sunatan adik bungsu karena persiapannya juga sudah lengkap," terang kakek calon mempelai perempuan, Ramli.


Alasan pembatalan akad nikah adalah tidak adanya penghulu yang berani menikahkan anak tersebut. Penghulu takut berbenturan dengan hukum setelah usia anak itu jadi sorotan.

"Tidak ada penghulu yang mau nikahkan di Jeneponto karena katanya takut umurnya masih muda dan aturan hukum, apalagi sudah ramai di media," ungkap ayah kandung calon mempelai perempuan, Basri.

Pihak keluarga pun hanya bisa pasrah atas pembatalan acara ini. Sementara itu, suasana sempat gaduh ketika ibu mempelai meronta dan menangis hingga sempat pingsan.

"Dia merindukan anaknya yang belum kembali dari kampung di Jeneponto. Kasihan juga, tapi mau diapa," ujar seorang anggota keluarga, Panriangka.


Tonton juga video alasan perkawinan anak tak boleh dikalukan, dilihat dari segi medis dan hukum di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed