DetikNews
Selasa 08 Mei 2018, 13:40 WIB

Susi: Tanpa Komitmen Jokowi, Kedaulatan Laut RI Hanya Mimpi

Andhika Prasetia - detikNews
Susi: Tanpa Komitmen Jokowi, Kedaulatan Laut RI Hanya Mimpi Foto: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan komitmen Presiden Joko Widodo yang memproyeksikan masa depan di bidang kelautan. Tanpa komitmen Jokowi, Susi mengatakan kedaulatan laut Indonesia hanya mimpi.

"Beliaulah yang dengan segala komitmen yang penuh menjadikan laut NKRI ini menjadi berdaulat, penuh hanya untuk nelayan dan Perikanan Indonesia. Tanpa komitmen dari beliau, kedaulatan laut Indonesia hanyalah mimpi," ujar Susi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).


Susi turut memaparkan kebijakan kementeriannya yang menindak kapal asing menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia. Selain itu, ia menyampaikan bahwa kapal di bawah 10 gross tonnase tidak diperlukan lagi izin berlayar.

"Para nelayan mengetahui dengan pasti dulu di laut kita banyak sekali kapal-kapal asing yang beroperasi dan mengambil sumber daya perikanan kita. Komitmen ditunjukkan dengan pembentukan Satgas dan juga kemudahan kemudahan dalam hal perizinan dan lain sebagainya yang dilakukan," ujar Susi.

"Di mana KKP telah memfollow up, kapal di bawah 10 GT sudah tidak perlu lagi izin-izin dan membuat SLO setiap kali melaut," tambahnya.


Susi mendampingi Jokowi dalam pertemuan dengan perwakilan nelayan se-Indonesia. Jokowi mendengar aspirasi nelayan tentang hasil tangkapan.



(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed