DetikNews
Senin 07 Mei 2018, 17:46 WIB

Top 5 News

PTUN Sahkan HTI Bubar, Cuti Lebaran 2018 Tetap 7 Hari

Muhammad Idris - detikNews
PTUN Sahkan HTI Bubar, Cuti Lebaran 2018 Tetap 7 Hari Top 5 News Edisi Senin (7/5/2018)
Jakarta - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Keputusan ini otomatis mengesahkan pembubaran organisasi Islam tersebut oleh pemerintah lewat sebuah SK Kemenkum HAM.

Sementara itu, pemerintah akhirnya memutuskan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2018 berlangsung selama 7 hari. Jumlah hari libur Lebaran tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri.

Berikut Top 5 News edisi Senin (7/5/2018).

[Gambas:Video 20detik]


1. HTI Sah Dibubarkan PTUN


Gugatan yang dilayangkan HTI ditolak oleh PTUN Jakarta. Sebelumnya, organisasi Islam yang kerap mengkampanyekan konsep khilafah ini mengajukan gugatan setelah dibubarkan oleh pemerintah.

Majelis hakim menganggap SK Kemenkum HAM tentang pencabutan badan hukum HTI sesuai dengan aturan. Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyebut kalau organisasi tersebut bertentangan dengan Pancasila.

Berita selengkapnya: Gugatan HTI Ditolak Hakim

2. Cuti Bersama Lebaran 2018 Tetap 7 Hari

Sempat ragu atas cuti bersama Idul Fitri 2018 yang ditetapkan selama 7 hari, pemerintah akhirnya menegaskan kalau hari libur Lebaran tersebut tak perlu dikoreksi. Selain itu, ada 8 poin tambahan yang akan ditindaklanjuti oleh pemerintah terkait keputusan itu.

Dalam keputusan libur Idul Fitri tersebut, penambahan cuti bersama diberikan 2 hari sebelum Lebaran, yaitu 11 dan 12 Juni 2018. Kemudian 1 hari setelah Lebaran, yaitu pada 20 Juni 2018. Total cuti bersama adalah 7 hari, yaitu 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018.

Artikel selengkapnya: Cuti Bersama Lebaran Tak Berubah

3. Anak Buah Kena OTT KPK, Sri Mulyani Minta Usut

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut tertangkapnya pegawai Kemenkeu dalam OTT KPK sebagai peringatan keras. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu sangat mengapresiasi upaya pemberantasan korupsi di kementeriannya.

Dirinya langsung bertindak cepat degan memecat oknum PNS berinisial YP tersebut. Pihaknya juga akan melakukan langkah bersih-bersih di internal Kemenkeu. Sehingga, instansi ini bisa terbebas dari praktik gratifikasi, percaloan, dan suap.

Artikel selengkapnya: Respons Sri Mulyani Pasca Pegawainya Kena OTT

4. Korban Minta Bos First Travel Dipidana Maksimal

Sidang tuntutan tiga terdakwa First Travel digelar hari ini. Mereka adalah Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan. Para calon jemaah yang gagal berangkat ke Tanah Suci, berharap trio bos travel umrah diganjar hukuman maksimal.

Ketiganya didakwa menipu atau menggelapkan dana terkait dengan perjalanan umrah. Total ada 63.310 calon jemaah umrah yang gagal berangkat mesti sudah membayar lunas. Mereka juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang.

Artikel selengkapnya: Korban First Travel Minta Pelaku Dihukum Berat

5. Menhub: 75% Kecelakaan saat Mudik Berasal dari Motor

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat tak menggunakan motor saat mudik Lebaran 2018. Menurutnya, angka kecelakaan roda dua selama arus mudik mencapai 75%.

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II ini menganjurkan pemudik motor beralih menggunakan transportasi publik. Di sisi lain, pihaknya bersama dengan Polri juga mengaku telah jauh-jauh hari mempersiapkan pengaturan lalu lintas di sepanjang jalur pulang kampung.

Artikel selengkapnya: Menhub Harap Mudik Jangan Pakai Motor
(idr/nwy)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed