DetikNews
Senin 07 Mei 2018, 16:21 WIB

Mendikbud Resmikan Puncak Acara Peringatan Hardiknas di Lombok

Suci Rizqi Lestari - detikNews
Mendikbud Resmikan Puncak Acara Peringatan Hardiknas di Lombok Foto: detikcom
Lombok Barat - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meresmikan puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018. Acara puncak peringatan Hardiknas 2018 diramaikan dengan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK.

"Hari Pendidikan Nasional tahun ini diperingati dengan berbagai macam rangkaian kegiatan yang sudah dimulai satu bulan lalu dan hari ini adalah puncak peringatannya yang dipusatkan di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat," ujar Muhadjir saat memberi sambutan di acara puncak Hari Pendidikan dan Kebudayaan 2018 di Lombok City Center, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin (7/5/2018).

Lomba LKS dilaksanakan pada Selasa (8/5/2018). Satu hari sebelumnya, peserta diberi kesempatan untuk melakukan persiapan di tempat lomba yakni LCC Mataram, NTB. Peserta diberi kesempatan untuk menata dan mengamankan peralatan sesuai keperluan, serta mengenal alat bantu yang akan digunakan.

Tak lupa, Muhadjir mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atas terselenggaranya acara puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 di sana. Masyarakat NTB juga mendukung, bahkan menyambut baik dan hangat puncak acara Hardiknas 2018.

"Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTB yang telah memberikan dukungannya menyukseskan puncak peringatan Hardiknas tahun 2018," lanjutnya.

Mendikbud Resmikan Puncak Acara Peringatan Hardiknas di LombokFoto: detikcom

Masih di acara yang sama, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad memberikan laporan terkait pelaksanaan puncak acara Hardiknas 2018. Dia mengatakan LKS yang diselenggarakan di LCC pada 7-11 Mei 2018 bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK seluruh Indonesia.

"Ada 56 bidang lomba yang telah kita siapkan. Selain itu ada pagelaran seni budaya, bazar buku murah, seminar pendidikan, pawai budaya, nonton bareng, dan berbagai kegiatan lainnya," ujarnya.

LKS SMK memperlombakan 58 Bidang Lomba, dengan rincian 2 Bidang lomba Daring (online), 49 Bidang Lomba Luring (offline). Selain memperlombakan bidang-bidang siswa SMK Indonesia, pelaksanaan tahun ini turut diperlombakan 7 bidang yang diikuti oleh komunitas vokasi dengan peserta dari Indonesia maupun dari negara lain di tingkat ASEAN, dengan nama South East Asia Creative Camp (SEACC).

Bidang-bidang yang diperlombakan untuk komunitas vokasi meliputi Becoming an Enterpreneur is Easy, Multimedia: AR School Project, Multimedia: AR STEM Project, Multimedia: Educational Game Dev, 2D Animation, Urban Agriculture, dan Online Modeling Tourism Promotion.

Mengusung tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan untuk Mengembangkan Insan Berkompeten dan Wirausaha Muda, puncak acara Hardiknas 2018 bertepatan Olimpiade Guru tingkat Nasional, Penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 300 siswa, dan pemberian penghargaan kepada 13 siswa penerima KIP berprestasi.

Mendikbud Resmikan Puncak Acara Peringatan Hardiknas di LombokFoto: detikcom

"Setiap tahun kita tawarkan ke semua gubernur di Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Lombok sanggup menyiapkan anggaran pendamping. Kedua adanya ketersediaan venue untuk 3.500 peserta dan ketiga jalur transportasinya mudah. Kemudian fasilitas pendukung seperti hotel termasuk fasilitas rekreasi bagi para peserta," jelas Hamid.

Acara peresmian turut diwarnai dengan tarian 'Aku Rindu Lagi Padamu'. Tarian tersebut merupakan tarian karya baru bertema konten Hardiknas tentang kerinduan nilai keberagaman dan kesetaraan Bhineka Tunggal Ika persembahan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud.

Di sela-sela tarian, ditampilkan juga pelukis pasir yang melukis Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed