ADVERTISEMENT

Baju Ajudan Bersih Saat Gotong Novanto Usai Tabrakan Sempat Disoal

Aditya Mardiastuti - detikNews
Senin, 07 Mei 2018 15:52 WIB
Penyidik KPK Riska Anungnata bersaksi di sidang Fredrich Yunadi (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - AKP Reza Pahlevi mengaku sempat menggotong Setya Novanto usai tabrakan. Namun, baju Reza yang saat itu menjadi ajudan Novanto tetap bersih.

Perihal baju yang bersih itu sempat menjadi pertanyaan bagi penyidik KPK. Namun, Reza saat itu mengaku tidak tahu karena hanya fokus menyelamatkan Novanto lebih dulu.

Peristiwa itu diceritakan penyidik KPK Riska Anungnata ketika bersaksi dalam sidang lanjutan perkara perintangan penyidikan dengan terdakwa Fredrich Yunadi. Awalnya Riska dan penyidik KPK lainnya bernama Afandi menemui Reza di lantai 3 RS Medika Permata Hijau di mana Novanto dirawat saat itu. Riska dan Afandi menemui Reza di kamar lain yang juga disewa di rumah sakit tersebut.

"Ada 2 kamar digunakan untuk keluarga beliau (Novanto). Kami cari Reza, beliau junior kami di Polri," kata Riska dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).

Saat itu, menurut Riska, Afandi yang lebih aktif bertanya pada Reza. Di sela-sela dialog antara Reza dan Afandi, lanjtu Riska, Fredrich masuk ke ruangan tersebut.

"Saat dialog terjadi Fredrich masuk sambil senyum (tanya) 'ada apa ini?' Beliau mungkin tahu kami tanya ajudan. Kami tanya Reza peristiwa bagaimana, kecelakaan, beliau di depan, Setya Novanto belakang, kecelakaan, keluar angkut Setya Novanto dimasukin ke mobil Aziz (politikus Golkar Aziz Samual), dibawa ke mana RS terdekat," kata Riska.

Jaksa KPK kemudian bertanya pada Riska soal hasil pemeriksaan Reza. Salah satu yang ditanyakan jaksa yaitu soal ada tidaknya luka-luka Novanto hingga berdarah-darah.

"Ditanya apakah kondisi Pak Setya Novanto luka berdarah-darah? Reza bilang nggak lihat, dari bawah diangkat, digendong," jawab Riska.

Riska mengaku juga sempat menanyakan baju Reza yang terlihat bersih usai menggotong Novanto. Padahal saat itu, Fredrich yang sempat memberikan pernyataan ke pers menyebut luka Novanto berdarah-darah akibat kecelakaan.

"Lho kamu kok bajunya bersih? 'Saat itu saya tidak melihat beliau berdarah atau tidak, yang penting saya bertugas mengamankan Pak Setya Novanto'," kata Riska menirukan jawaban Reza. (ams/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT