detikNews
Senin 07 Mei 2018, 15:47 WIB

Rapat Pimpinan Daerah, Anies-Soekarwo-Aher Akrab Berbincang

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rapat Pimpinan Daerah, Anies-Soekarwo-Aher Akrab Berbincang Foto: Anies, Aher dan Pakde Karwo akrab berbincang (Fida-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan menghadiri Rakor Pengawasan Penyelenggaraan Pemda Tingkat Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2018 di Hotel Bidakara. Dalam acara itu, Anies akrab berbincang dengan Guberunur Jati Soekarwo dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Di acara tersebut Anies menandatangani perjanjian kerja sama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)-Aparat Penegak Hukum (APH) dalam rangka penanganan pengaduan masyarakat sekaligus upaya pencegahan korupsi.



Anies yang mewakili DKI Jakarta menandatangani perjanjian tersebut berbarengan dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Usai menandatangani perjanjian tersebut, keduanya berdiri bersanding dan terlihat akrab membicarakan sesuatu.

Selain dengan Aher, Anies juga berbincang dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Soekarwo mendadak menghampiri Anies-Aher yang sedang berbincang lebih dulu.

Acara ini digelar dalam rangka mensosialisasikan Permendagri No 35 Tahun 2018.



"Mensosialisasikan Permendagri No.35 Tahun 2018 tentang Kebijakan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2019 dan Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Gubernur dengan Kepala Kejaksaaan Tinggi dan Kepala Kepolisian Daerah Seluruh Indonesia dalam rangka penanganan pengaduan masyarakat," ujar Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Sri Wahyuningsi, dalam laporannya, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (7/5/2018).

Hadir dalam acara ini Mendagri Tjahjo Kumolo, para Gubernur, Kapolda, dan Kajati Seluruh Indonesia. Hadir juga Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Putut Eko Bayuseno, Jamintel Jan S Maringka, Kajati DKI Tony Spontana dan sejumlah perwakilan dari institusi dan kementerian/lembaga.

Tak hanya Anies dan Aher, seluruh gubernur se-Indonesia juga ikut menandatangani perjanjian pencegahan korupsi itu.



(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed