Saat PM China Kenang Kunjungan ke Indonesia 10 Tahun Lalu

Saat PM China Kenang Kunjungan ke Indonesia 10 Tahun Lalu

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 07 Mei 2018 14:14 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan apresiasai atas dukungan PM China Li Keqiang dalam Asian Games 2018. (Andhika Prasetia/detikcom)
Presiden Joko Widodo memberikan apresiasai atas dukungan PM China Li Keqiang dalam Asian Games 2018. (Andhika Prasetia/detikcom)
Bogor - Perdana Menteri China Li Keqiang menyambut baik undangan Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Indonesia. Li juga bercerita saat ia bertemu dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 2008.

"Indonesia adalah negara pertama saya saat menjabat perdana menteri. Tapi 10 tahun lalu saya pernah ke sini saat menjabat wakil perdana menteri," ujar Li di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5/2018).


Li mengatakan hubungan China dengan Indonesia berjalan baik. Dalam kunjungannya kali ini, Li membahas kerja sama ekonomi dengan Jokowi.

"Tiongkok dan Indonesia adalah sebagai negara tetangga yang mempunyai hubungan yang baik, kami memiliki berbagai kepentingan bersama," kata Li.

"Saat ini kunjungan saya ke Jakarta, saya bahagia sekali melihat perkembangan di Indonesia, melihat perkembangan ekonomi di Indonesia dan kesejahteraan rakyat Indonesia mendapatkan peningkatan yang signifikan. Jadi saya mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi," jelas Li.

Selain membahas ekonomi, Li dan Jokowi menyinggung persoalan perdamaian. Salah satunya adalah mendorong perdamaian bangsa Palestina.

"Tadi saya juga telah melakukan pertemuan kecil dan pertemuan besar dengan Presiden Jokowi dan sepakat bahwa kami akan meneruskan bekerja sama dalam perdamaian. Dan sesuai dengan norma internasional dan hukum internasional, kami sama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas dunia," terang Li.


Pertemuan 10 tahun lalu yang dimaksud Li Keqiang itu tepatnya terjadi pada Senin (22/12/2008). Li Keqiang, yang saat itu menjabat Wakil Perdana Menteri China, bertemu dengan SBY membahas bagaimana mengatasi dampak krisis keuangan global yang saat ini melanda dunia.

"Presiden dan Wakil PM membahas dampak dari krisis finansial global ini," ujar juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal di kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, kala itu.



Tonton juga video tentang "Pekan Depan, PM China Datang Ke Indonesia":
(dkp/idh)