DetikNews
Senin 07 Mei 2018, 12:59 WIB

Tjahjo: Warga Olahraga di CFD, Jangan Diributkan dengan Politik

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Tjahjo: Warga Olahraga di CFD, Jangan Diributkan dengan Politik Foto: Spanduk larangan atribut politik terpampang di CFD, Minggu (6/5/2018). (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan agar masyarakat tak melakukan kegiatan politik saat Car Free Day (CFD). Sebab, kegiatan politik di CFD akan mengganggu masyarakat yang ingin berolahraga atau hanya sekedar berekreasi.

"Sudah diingatkan. Saya, Gubernur (DKI Jakarta Anies Baswedan) dan Wagub (Sandiaga Uno) tahu, tahu persis CFD itu untuk hal-hal yang buat kepentingan masyarakat luas. Jangan orang mau olahraga, mau rekreasi, mau membaur, harus diributkan (dengan) masalah-masalah politik," kata Tjahjo di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/4/2018).

Tjahjo berpesan kepada masyarakat untuk tidak memaksakan keinginan politiknya ke orang lain terkait Pilpres 2019. Tjahjo melanjutkan, meski saat CFD, tetap ada proses demokrasi yang harus dihargai oleh seluruh masyarakat.

"Kita kumpul di sini kalau kita beda pendapat, beda sikap, beda pilihan, ya harus saling hargai. Jangan memaksakan 'anda harus ikut saya', kan nggak bisa. Masing-masing punya sikap, punya pilihan, punya hati nurani, hargai dong. Ini bukan politik saling paksa. Tapi ada proses demokrasi yang saling menghargai, itu saja," tuturnya.

Sebelumnya, ada video viral yang memperlihatkan warga berkaus #2019GantiPresiden dan orang-orang yang mengenakan kaus #DiaSibukKerja di CFD. Salah satu kelompok kemudian terlihat mengacungkan uang ke kelompok lain. Uang juga diacung-acungkan ke seorang ibu yang membawa anaknya yang masih bocah.

Terkait warga berkaus #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja yang berhadapan di CFD ini, polisi menyatakan sudah mengawal keduanya. Namun ada peserta yang tertinggal rombongan.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed