DetikNews
Sabtu 05 Mei 2018, 21:45 WIB

HUT ke-61, Kalteng Gelar Lomba Berburu dengan Senjata Dayak

Moch Prima Fauzi - detikNews
HUT ke-61, Kalteng Gelar Lomba Berburu dengan Senjata Dayak Foto: Pemprov Kalteng
Jakarta - Beragam lomba diadakan untuk memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke-61. Lomba tersebut diadakan di berbagai lokasi dan diikuti oleh sejumlah kontingen dari kabupaten atau kota di Kalimantan Tengah.

Salah satu lomba yang digelar adalah manyipet. Lomba diadakan di Stadion Olahraga Panunjung Tarung, Kamis (3/5/2018) lalu. Manyipet diikuti oleh kontingen dari 13 kabupaten/kota.

"Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan upaya melestarikan salah satu bentuk usaha perburuan dengan menggunakan sipet yaitu senjata tradisional suku Dayak yang digunakan juga untuk mempertahankan diri ketika perang pada zaman dulu," demikian dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/5/2018).



Selain itu, lomba juga diadakan di Pelabuhan Danum Mare Kuala Kapuas. Di sini kegiatan yang diperlombakan adalah jukung tradisional. Lomba ini diikuti oleh 7 kontingen yang terdiri dari Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, dan Kota Palangkaraya.

Lomba jukung ini menjadi salah satu pendongkrak minat warga terhadap olahraga dayung. Sebab, secara geografis Kalimantan Tengah dikenal sebagai kawasan seribu sungai. Lomba jukung merupakan bagian dari Festival Budaya Isen Mualang.

HUT ke-61, Kalteng Gelar Lomba Berburu dengan Senjata Dayak  Foto: Pemprov Kalteng


Selanjutnya ada lomba balogo yang merupakan bagian dari Kalteng Quality Expo 2018. Lomba diikuti 11 kontingen yakni Kabupaten Sukamara, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kabupaten Lamandau.

Permainan ini didukung alat berupa lugu dengan panjang 9 cm dan lebar 8 cm. Pemainan ini dimainkan diatas lapangan beraspal maupun tanah. Balogo biasanya dimainkan secara perorangan maupun beregu.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed