DetikNews
Sabtu 05 Mei 2018, 14:15 WIB

Susi Minta Pemprov DKI Segera Terapkan Zonasi Penangkapan Ikan

Mochamad Zhacky - detikNews
Susi Minta Pemprov DKI Segera Terapkan Zonasi Penangkapan Ikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta Pemprov DKI menggalakkan aturan soal zonasi penangkapan ikan di Teluk Jakarta. Susi memastikan kementeriannya siap membantu melalui Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

"Di Jakarta sudah nggak terlalu banyak kapal besar kan? Kalau masih ada, laporkan. Lalu, zonasi di sini harus diterapkan. Pemerintah daerah bersama PSDKP, di sini ada Dirjen PSDKP kita, Pak Nirwanto, sama eselon II Pak Gunaryo," kata Susi di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Sabtu (5/5/2018).

Aturan ini sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71/PERMEN-KP/2016. Tiap kapal, berdasarkan gross tonnage-nya, memiliki zonasi yang berbeda untuk menangkap ikan di laut.


"Kita punya aturan undang-undang zonasi. Zonasi satu, kapal di bawah 10 GT. Zonasi dua, kapal 10 GT sampai 30 GT. Zonasi 3, 30 GT ke atas. Kalau ada kapal besar ke pinggir, tangkap sama para nelayan, boleh," terang Susi.

Tak hanya kepada Pemprov DKI. Susi juga memberikan hadiah kepada warga Pulau Tidung.

"Nah Ibu punya hadiah nih. Satu TV ukurannya 42 inch. Saya kirim ke sini dua, cukup ya? Karena yang lain banyak. Saya kirim dua sama itu, VCD, untuk nonton keindahan laut yang ada di National Geographic, BBC Earth," ucap Susi.
(zak/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed