DetikNews
Sabtu 05 Mei 2018, 12:19 WIB

Asyiknya Istri Mendikbud Bacakan Fabel untuk Anak-anak PAUD

Carlo Homba - detikNews
Asyiknya Istri Mendikbud Bacakan Fabel untuk Anak-anak PAUD Istri Mendikbud membacakan fabel untuk anak-anak PAUD. (Carlo Venansius Homba/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggalakkan Gerakan Nasional Baca Buku. Gerakan ini mengajak para orang tua membaca buku bersama anak-anak mereka.

Sejumlah siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) menghadiri peluncuran gerakan ini, ditemani orang tua masing-masing. Istri Mendikbud Muhadjir Effendy, Suryani Widati Muhadjir, membacakan fabel berjudul 'Mimi yang Pelit'.



Fabel itu menceritakan Mimi si kucing yang pelit. Dia punya bola yang dimainkannya. Alhasil, Mimi pun dijauhi oleh teman-temannya.

"Teman-temannya datang, 'Kucing, ayo kita main.' Mimi gimana jawabnya? 'Nggak ah ini punyaku,'" tutur Suryani saat bercerita di hadapan anak-anak itu di PAUD 0 Kilometer, Kemdikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Sabtu (5/5/2018).

Suryani sesekali mengajak anak-anak itu mengikuti tiruan suara hewan yang dia peragakan. Anak-anak itu tampak senang dibacakan cerita fabel sambil duduk bersila.

Beberapa orang tua pun rupanya senang membacakan cerita untuk anak-anak mereka di rumah. Mereka pun antusias hadir dalam acara ini.



"Ia sering, setiap malam sebelum tidur. Biasa yang dibacakan tentang princess. Sekarang lagi suka Frozen," kata salah satu orang tua, Soraya (29).

Soraya berharap anak-anak Indonesia makin senang membaca buku. Anak-anak, kata Soraya, bisa memulai baca buku dengan melihat gambarnya lebih dulu.

Orang tua lainnya, Amey (39), memang tak sering membacakan buku untuk anaknya. Tapi setidaknya seminggu dua kali dia membacakan buku.

"Tapi karena ada kegiatan ini semoga jadi lebih sering lagi," kata Amey.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed