Kontrakan di Gambir Terbakar karena Kompor Gas, Tak Ada Korban Jiwa

Indra Komara - detikNews
Sabtu, 05 Mei 2018 08:16 WIB
Foto: dok Istimewa
Jakarta - Kebakaran terjadi di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Api melalap 4 bangunan yang disebabkan kompor gas yang meledak.

"Penyebabnya dari kompor gas. Tidak ada korban jiwa. Empat bangunan yang terbakar, 2 rumah kontrakan, 1 gudang, 1 lapak besi tua," kata Kasi Operasi Damkar Jakarta Pusat Syarifudin saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/5/2018).

Kebakaran tersebut terjadi di rumah kontrakan di Jalan Abdul Muis RT 03 RW 03, Petojo, Gambir, Jakarta Pusat. Syarifudin mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 00.15 WIB.

"Semalam jam 00.15 WIB. Penanganannya kurang-lebih satu jam sampai tuntas, 18 unit mobil damkar yang dikerahkan," ujarnya.

Kontrakan di Gambir Terbakar Karena Kompor Gas, Tak Ada Korban JiwaKebakaran di Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: Dok Istimewa)

Rumah kontrakan yang terbakar, kata Syarifudin, adalah rumah berbentuk gudang. Material rumah tersebut kebanyakan terbuat dari asbes.

"Yang terbakar rumah, tapi rumah bentuknya kayak gudang, modelnya kayak lapak pemulung. Itu rumah yang ditempatin, itu rumah juga dikontrakin kayaknya," jelasnya.

Syarifudin menambahkan titik api berasal dari rumah kontrakan milik Roy. Kontrakan tersebut ditempati 25 keluarga.

"Saat itu api sudah besar dari kontrakan milik Roy 21 pintu. Ada 25 kepala keluarga, terdiri dari 85 orang," terangnya. (idn/jor)